Advertisement

Unik! Warga Desa Ini Pakai Lagu untuk Berkomunikasi

Lajeng Padmaratri
Senin, 13 Maret 2023 - 17:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Unik! Warga Desa Ini Pakai Lagu untuk Berkomunikasi Warga Desa Kongthong, Meghalaya, India pakai lagu untuk berkomunikasi. - India Times

Advertisement

Harianjogja.com, MEGHALAYA—Di India, ada sebuah desa yang penduduknya menggunakan melodi khas atau nada unik untuk menyapa satu sama lain. Desa yang terletak di Kongthong, Meghalaya, India itu akhirnya mendapat julukan 'Desa Bersiul'.

Melansir India Times, Desa Kongthong dapat ditemukan di kawasan Perbukitan Khasi Timur, yang berjarak sekitar 60 kilometer dari Shillong, ibu kota Meghalaya. Bersiul menjadi cara lain yang digunakan penduduk desa ini untuk berkomunikasi satu sama lain. Lagu ini disebut oleh penduduk desa Kongthong sebagai "Jingrwai Lawbei", yang diterjemahkan menjadi "lagu cinta ibu".

Advertisement

Bahkan, penduduk desa memiliki dua nama, yaitu nama biasa dan nama lagu. Nama lagu juga memiliki dua versi, yaitu lagu panjang dan lagu pendek. Lagu pendek biasanya digunakan di rumah, seperti lagu nama panggilan.

Di Kongthong, ada sekitar 700 penduduk desa. Ini artinya ada 700 lagu yang berbeda. Desa itu kini jadi rujukan wisata karena keunikannya.

Menurut Phiwstar Khongsit, seorang anggota suku Khasi dan penduduk desa Kongthong, para ibu menggubah "lagu" yang digunakan untuk menyapa orang setelah melahirkan.

"Jika ada penduduk desa yang meninggal, maka lagu orang itu juga akan mati bersamanya. Kami memiliki lagu kami sendiri dan ibu yang membuat lagu ini," kata dia.

Phiwstar menuturkan lagunya diciptakan oleh sang ibu. Sistem ini berlangsung di desanya dari generasi ke generasi. "Kami tidak tahu kapan dimulai. Tapi, semua penduduk desa sangat senang dengan ini," lanjut Phiwstar.

Kini, warga desa lain mengklaim bahwa praktik ini sekarang juga dilakukan oleh warga dari beberapa desa di Meghalaya lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Indiatimes

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement