Advertisement

Tanda Ginjal Anda Bermasalah, Salah Satunya Alami Kelelahan Ekstrem

Salma Permata Sari
Rabu, 08 Maret 2023 - 08:27 WIB
Jumali
Tanda Ginjal Anda Bermasalah, Salah Satunya Alami Kelelahan Ekstrem Ilustrasi ginjal - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAGinjal memiliki peran penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Menurut UK National Health Services (NHS), peran utama ginjal adalah membersihkan darah dari racun dan mengubah sisanya menjadi urin.

BACA JUGA: Jogja Masuk Daftar Daerah Tertinggi Kasus Gagal Ginjal

Advertisement

Selain itu, ginjal juga mengatur tekanan darah, membuat sel darah merah, dan mengontrol kadar pH di dalam tubuh. Jika ginjal mengalami masalah atau kelainan, dapat menyebabkan berbagai komplikasi.
Ini beberapa tanda-tanda ginjal bermasalah:

1. Pembengkakan di sekitar mata, wajah, dan kaki

Ketika ginjal berhenti berfungsi secara efektif yang dapat menghambat proses membuang racun dan limbah, maka akan mengakibatkan pembengkakkan di sekitar mata, wajah, dan kaki karena penumpukan racun dan kotoran bersamaan dengan penumpukkan kelebihan air dan garam di jaringan tubuh.
Baca Juga : Menkes Budi: Santunan Korban Gagal Ginjal Akut Sedang Dibahas

2. Kelelahan ekstrem

Jika ginjal terhambat dalam produksi sel darah merah, dapat menyebabkan anemia yang mengganggu suplai oksigen dan nutrisi dalam tubuh ke otak dan otot. Oleh karena itu, tubuh akan merasakan amat lelah.

3. Perubahan pada urin

Ginjal yang tidak sehat dapat menyebabkan ketidakaturan saluran kemih. Beberapa orang mungkin akan sering buang air kecil, sedangkan yang lain akan melihat ada darah dalam urinnya. Selain itu, urin yang berbusa dan berisi gelembung juga bisa mengindikasikan masalah pada ginjal.

4. Sesak napas

Masalah ginjal dapat menyebabkan penumpukkan cairan di paru-paru dan dapat menyebabkan sesak napas. Hal ini bisa disebut sebagai kelebihan cairan atau hipervolemia. Beberapa orang juga mungkin mengalami nyeri dada dan dapat mengalami komplikasi kesehatan lainnya.

5. Kulit kering dan gatal

Kulit kering dan gatal menunjukkan ketidakseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah. Bisa juga karena peningkatan kadar fosfor dalam darah secara tiba-tiba.

Menurut Kidney Research UK, penderita diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, obesitas, dan riwayat keluarga dengan kerusakan ginjal rentan terhadap masalah ginjal. Tidak hanya itu, merokok, mengonsumsi alkohol, menggunakan kokain, heroin, dan obat keras lainnya juga dapat meningkatkan risiko kerusakan ginjal.

Untuk menjaga kesehatan ginjal, Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDKD) merekomendasikan untuk makan makanan yang sehat, meningkatkan aktivitas fisik, menjaga berat badan yang ideal, tidur yang cukup, membatasi asupan alkohol, mengelola diabetes dan tekanan darah tinggi, dan mengurangi stress.

Makanan yang bermanfaat bagi ginjal menurut National Kidney Foundation adalah biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, minyak zaitun, ikan berlemak, ubi jalar, dan beri-berian. Lalu juga hindari makanan yang tinggi natrium, kalium, dan fosfor untuk menghindari masalah ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ticket Hunter dan Pemudik! Ini Daftar Promo Tiket Mudik Lebaran

News
| Minggu, 25 Februari 2024, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement