Advertisement

5 Makanan Ini Justru Bikin Kamu Lebih Cepat Lelah

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 07 Maret 2023 - 17:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Makanan Ini Justru Bikin Kamu Lebih Cepat Lelah Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tidur cukup sudah, makan yang cukup pun sudah, tapi tubuh masih cepat merasa lelah? Mungkin ada yang salah dari makanan yang kamu konsumsi.

Seperti kandungan gizi yang kurang seimbang atau terlalu banyak makan camilan yang manis nyatanya dapat membuatmu lebih cepat lelah.

Advertisement

Simaklah ulasan berikut ini untuk tahu makanan apa saja yang bisa membuat tubuhmu lebih cepat lelah dan jangan lupa untuk mengurangi makanan ini, ya.

1. Makanan olahan atau mengandung banyak gula

Keripik kentang, biskuit, olahan kacang, sosis siap makan, kornet, dan banyak makanan olahan lain diam-diam mengandung pewarna dan pemanis buatan, pengawet, rendah serat yang tentunya tidak baik untuk tubuh dan jadi lebih mudah lelah.

Makanan olahan atau makanan dengan kandungan gula tinggi setelah makan siang dapat membuat kamu lebih cepat mengalami food coma dibandingkan menikmati kelezatannya. Hal ini disebabkan jumlah gula yang masuk ke tubuh melepaskan insulin dan membebaskan terlalu banyak asam amino triptofan di otak yang akan membuat kamu mengantuk.

Baca juga: 3 Tempat Makan Pizza di Jogja, Rasa Italia Suasana Angkringan

2. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji cenderung berminyak ditambah kandungannya yang tinggi lemak, rendah serat, rendah vitamin, dan rendah mineral. Kandungan tersebut membuat makanan cepat saji termasuk makanan berat yang membuat sistem pencernaan tubuh lebih lambat dan dapat memicu penyumbatan arteri akibat lemak tidak sehat.

Selain tubuh lebih cepat lelah makanan cepat saji meningkatkan kolesterol, tekanan darah tinggi, dan kondisi kesehatan lainnya.

3. Hanya mengonsumsi karbohidrat sederhana

Berbagai jenis karbohidrat seperti nasi, roti putih, sereal, dan pasta memang lebih mudah dicerna namun menyebabkan peningkatan gula darah, diikuti dengan penurunan kadar insulin, alias penyebab dari rasa lelah.

Sebaiknya ganti atau selingi dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks yang menyimpan energi lebih lama di tubuh, seperti roti gandum, nasi merah atau cokelat, dan mengganti sereal dengan oats.

4. Minuman tinggi kafein

Minum kopi atau teh yang mengandung kafein cukup tinggi memang mampu menambah energi dan membuatmu merasa lebih segar. Meski awalnya tubuh terasa segar selama satu atau satu setengah jam lalu perlahan tubuh merasa jauh lebih lelah saat efek kafein habis.

Selain itu tak jarang minuman favoritmu ini juga mengandung banyak gula dan sirup ataupun perasa yang justru membuatmu lebih cepat lelah. Alternatifnya pilihlah kopi hitam dengan sedikit susu atau minum secangkir teh hijau atau hitam sebagai gantinya.

5. Kurang kandungan zat besi dalam tubuh

Zat besi berfungsi membawa oksigen ke otot dan otak, mineral ini juga penting dalam membantu pembentukkan hemoglobin yakni komponen pembentuk sel darah. Sehingga jika kamu tidak mengonsumsi cukup zat besi dalam makanan tubuhmu jadi lebih cepat lelah, kekurangan darah, sakit kepala atau pusing, hingga jantung berdebar-debar.

Perbanyaklah mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, daun kale, brokoli, ikan sarden, tuna, salmon, kerang, kacang merah, polong, ataupun buncis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement