Advertisement

Ragam Hobi Mahal Publik Figur, Ada yang Habiskan Rp778 Juta Per Minggu

Arlina Laras
Rabu, 01 Maret 2023 - 07:07 WIB
Bhekti Suryani
Ragam Hobi Mahal Publik Figur, Ada yang Habiskan Rp778 Juta Per Minggu Kapal pesiar MV Pacific Eden ketika bersandar di Benoa. - Bisnis.com/Feri Kristianto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Jumlah uang yang dihabiskan para publik figur untuk sebuah hobi sangatlah bervariasi. 

Menurut sebuah survei Statistic Brain, rata-rata publik figur menghabiskan biaya lebih dari US$200 atau setara dengan Rp3,09 juta. Bahkan, faktanya, beberapa publik figur menghabiskan ratusan ribu dolar per tahun untuk hobi mereka. 

Advertisement

Lantas, apa saja hobi termahal publik figur di dunia? Melansir dari Luxury Coloumnist, berikut ulasan selengkapnya. 

1. Kolektor Seni

Bagi banyak orang, seni adalah sumber keindahan dan inspirasi. Namun, mengoleksi karya seni juga bisa menjadi salah satu hobi termahal.

Satu lukisan atau pahatan dapat dengan mudah menelan biaya puluhan ribu dolar. Selain itu, nilai karya seni dapat sangat berfluktuasi dari waktu ke waktu. 

Meski biayanya mahal, banyak orang menganggap mengoleksi karya seni adalah pengalaman yang berharga. 

2. Yachting alias Berpesiar Naik Perahu

Hobi mahal lainnya adalah berperahu pesiar. Hobi ini biasanya membutuhkan perahu besar, serta awak kru untuk memeliharanya. Biaya rata-rata untuk membeli atauoun mengoperasikan kapal pesiar tersebut bisa mencapai jutaan dolar.

Tentu sudah banyak artis yang memiliki kapal pesiarnya sendiri, adapun salah satu publik figur yang terkenal yaitu Lionel Messi yang menyewa kapal pesiar dengan harga sekitar US$50.000 yang setara dengan Rp778 juta per minggu. 

Kapal pesiar mewah itu memiliki empat kamar dan dapat menampung sepuluh orang. Itu juga memiliki kamar utama, kabin VIP, dan dua kabin kembar.

3. Mengoleksi Anggur

Mengoleksi anggur bisa menjadi hobi yang mahal, tetapi juga bisa menjadi hobi yang sangat bermanfaat. Bagi banyak kolektor, kegembiraan tidak hanya datang dari memperoleh anggur yang langka dan berharga, tetapi juga dari kesempatan untuk meminumnya. 

Tentu saja, mengumpulkan anggur juga membutuhkan pengetahuan dan keahlian tertentu. Misalnya, Leonardo Dicaprio yang membelanjakan US$3 juta atau setara dengan Rp44 miliar hanya untuk anggue Armand de Briganc , yang dianggap sebagai salah satu minuman termahal di dunia.

4. Mendaki Gunung Everest

Mencapai puncak Everest merupakan impian semua pendaki. Jika Anda memiliki keinginan yang sama, maka Anda harus bersiap untuk mengumpulkan biaya yang tidak sedikit. Anda membutuhkan berbagai biaya, mulai dari menyewa peralatan mendaki, pemandu, hingga sewa penginapan di markas utama Everest.

Adapun uang muka untuk perjalanan mendaki saja Anda harus menyiapkan US$60.000 atau setara dengan Rp916,7 juta. Hal ini yang membuat hobi ini tidak bisa digeluti oleh semua orang.

5. Menaiki Balon Udara

Hobi termahal di dunia selanjutnya adalah menaiki balon udara. Memang sangat menyenangkan melihat dunia dari atas dengan balon udara. Akan tetapi, biaya yang harus Anda keluarkan juga cukup besar.

Bagi yang ingin mengemudikan balon udara, Anda harus memiliki surat izin mengemudikannya. Hal tersebut memakan biaya sebesar US$45.000 atau setara dengan Rp687,5 juta. Belum lagi, Anda harus menyewa kru untuk terbang bersama serta mengikuti kursus menerbangkan balon udara.

6. Go-Kart

Go-kart adalah hobi yang populer tetapi sangat mahal. Banyak pembalap F1 mulai melakukan balap go kart sejak usia 6 tahun.

Go-kart biasanya berharga sekitar US$8000, dan itu belum termasuk biaya peralatan yang bisa jadi US$1000 lagi. Bagi yang mengikuti lomba go-kart, ditambah biaya perjalanan, biaya masuk kompetisi, bahan bakar dan biaya perawatan. Total biaya balap go-kart setahun bisa mencapai sekitar US$11.000 atau setara dengan Rp167,9 juta. 

Namun, go-kart bisa menjadi olahraga petualangan yang sangat mengasyikkan. Perlu diingat bahwa Anda harus dalam kondisi yang baik untuk menangani tuntutan balapan.

7. Skydiving

Skydiving adalah olahraga terjun payung dengan gaya bebas layaknya penyelam hendak menyelami dasar laut. Olahraga ini dibuat oleh Andre-Jacques Garnerin dan Leslie Irvin pada 1919. Biaya untuk olahraga ekstrem ini bisa senilai US$5.400 atau setara dengan Rp82,4 juta. 

8. Wingsuit Flying

Sama seperti Skydiving, olahraga yang satu ini juga membutuhkan ketinggian untuk melakukannya. Olahraga ini selain membutuhkan parasut, juga membutuhkan baju khusus mengendalikan diri dengan kecepatan tinggi di udara. Biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan olahraga ekstrem ini adalah senilai US$1.500 atau setara dengan Rp22,97 juta. 

9. Scuba Diving 

Scuba diving adalah salah satu hobi paling populer di dunia, tetapi juga salah satu yang termahal. Biaya peralatan selam dapat dengan mudah melebihi US$1.000 atau setara dengan Rp15,2 juta dan harga belajar menyelamnya pun sangat tinggi. 

Selain itu, perjalanan scuba diving bisa sangat mahal, karena Anda harus memperhitungkan biaya perjalanan ke lokasi terpencil. Akibatnya, scuba diving biasanya merupakan hobi yang diperuntukkan bagi mereka yang memiliki pendapatan cukup besar.

Namun, bagi para publik figur yang punya penghasilan fantastis, scuba diving bisa menjadi pengalaman yang sangat berharga. Tidak ada yang seperti menjelajahi dunia bawah laut, dan scuba diving memberikan kesempatan unik untuk melihat hal-hal yang kebanyakan orang tidak akan pernah melihatnya. 

10. Koleksi Mobil

Bagi sebagian orang, mengoleksi mobil bukanlah tentang mobil itu sendiri, melainkan tentang pengalaman. Kolektor mobil sering senang menghadiri pameran mobil untuk bisa bertemu kolektor lain dan meneliti sejarah mobil mereka.

Tentu mengoleksi mobil-mobil modern dan vintage juga merupakan hobi yang mahal. Biaya membeli dan merawat mobil klasik melebihi US$100.000 atau setara dengan Rp1,5 miiliar.

11. Memiliki Hewan Peliharaan

Tidak dapat disangkal bahwa hewan peliharaan bisa mahal. Ada beberapa ras kucing dan anjing yang sangat mahal di luar sana.

Terlebih lagi, dari makanan dan mainan hingga tagihan dokter hewan dan kelas kepatuhan, pengeluaran dapat bertambah dengan cepat. 

Salah satu kucing kesayangan Taylor Swift, Olivia Benson yang memiliki ras Scottich FOld, menempati urutan kedelapan kucing ras termahal dengan harga mencapai US$3.000 dollar atau setara dengan Rp45,8 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Truk Tangki BBM Pertamina Terbakar di Tol Ngawi-Kertosono

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement