Advertisement

Ladies, Begini Tips Menjaga Keseimbangan Antara Karier dan Keluarga

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 28 Februari 2023 - 06:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ladies, Begini Tips Menjaga Keseimbangan Antara Karier dan Keluarga Ilustrasi wanita karir. - Ist/Asus

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pilihan menjadi wanita karir di masa sekarang bukan hal yang asing. Sudah banyak kaum wanita yang memutuskan untuk bekerja meski mereka sudah menikah dan suaminya juga seorang pekerja

Menjadi wanita karir tentu bukan tugas yang ringan apabila sudah berkeluarga. Wanita harus dapat membagi waktu dan tenaganya untuk keluarga dan pekerjaannya sendiri. 

Advertisement

Lantas, apa saja yang harus wanita lakukan untuk menjaga keseimbangan tersebut? Mengutip dari laman Kementerian Keuangan Direktoral Jenderal Kekayaan Negara KPKNL Purwokerto, berkut ini jawabannya:

1. Semangat dan Optimistis

Dua hal yang harus dimiliki sebelum mengambil keputusan. Wanita harus yakin bahwa ia mampu menjalani kedua fungsi sekaligus yakni sebagai ibu rumah tangga dan juga sukses berkarir.

Baca juga: Ini Dia Desa Wisata Adem di Lereng Merapi

2. Membiasakan komunikasi intens dengan keluarga

Permasalahan pasti akan muncul, oleh sebab itu komunikasi sangat penting dilakukan. Kegiatan ini biasanya pada malam hari ketika makan malam atau menonton TV. Anggota keluarga bebas untuk mengemukakan permasalahan yang mereka hadapi.

3. Mengatur jadwal dengan baik.

Kendala terbesar adalah membagi waktu, itulah sebabnya ketika wanita sudah memilih berkarir harus bisa membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga. Perencanaan terkait apa yang akan dilakukan pada keesokan harinya sebisa mungkin dilakukan pada malam hari menjelang tidur. Akan lebih baik lagi apabila kegiatan yang akan dilakukan pada hari berikutnya dipersiapkan pada malam hari misalnya menyiapkan peralatan sekolah anak, menyiapkan masakan yang akan dimasak, menyiapkan baju yang akan dipakai besok dll.

4. Fokus pada apa yang sedang dihadapi

Selain membagi waktu dengan baik kita juga harus mampu mengatur pikiran dengan baik pula. Seringkali kesalahan yang kita buat adalah ketika kita bersama keluarga pikiran kita pada kerjaan akan tetapi ketika sedang berada di kantor pikiran kita pada keluarga. Hal tersebut menyebabkan pikiran kita kurang focus dan hasil yang kurang maksimal baik di keluarga maupun pekerjaan. Oleh karena itu fokuslah terhadap apa yang sedang kita kerjakan agar mendapat hasil yang terbaik.

5. Tidak Ada manusia yang sempurna

Setiap manusia pasti akan memiliki kekurangan, begitupun dengan diri seorang wanita. Tidak mungkin keduanya dapat dikerjakan dengan sempurna karena wanita memiliki keterbatasan tenaga dan pikiran. Oleh sebab itu apabila ada kekurangan dalam pekerjaan di kantor maupun di rumah, misalnya rumah berantakan atau tidak bisa menyiapkan sarapan buat keluarga, wanita harus bisa memaklumi. Wanita bisa menyerahkan sebagian pekerjaan rumah tangga kita pada asisten rumah tangga.

6. Sekali waktu memanjakan diri sendiri

Me time, sesekali sebagai wanita perlu membebaskan diri dari pekerjaan kantor maupun rumah, misalnya belanja, ke salon maupun sekedar nongkrong di cafe agar pikiran kita kembali segar. Dengan pikiran yang lebih segar tentu akan membuat diri lebih bersemangat menghadapi pekerjaan.

7. Menjaga pola hidup sehat, baik jasmani maupun rohani

Pola hidup sehat sangat penting bagi kita, makan makanan yang seimbang dan olah raga yang teratur. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Dengan jiwa yang kuat pikiran akan makin bersemangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement