Advertisement

Daftar 13 Makanan Pencegah Kanker yang Perlu Anda Makan

Elsa Hayati Sukma
Rabu, 22 Februari 2023 - 01:27 WIB
Bhekti Suryani
Daftar 13 Makanan Pencegah Kanker yang Perlu Anda Makan Jus wortel - boldsky.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA– Kanker masih menjadi penyakit nomor 2 didunia yang mematikan. pola hidup yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab terjadinya kanker, salah satunya adalah makanan. 

Pola makan yang tidak sehat menjadi salah satu pemicu terjadinya berbagai penyakit. Penelitian menunjukan kepada kita bahwa pola makan dapat dikaitkan dengan penyakit-penyakit mematikan salah satunya kanker dan jantung.

Advertisement

Selain itu, pentingnya juga berolahraga untuk menjaga kebugaran serta kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit mematikan. 

Ini 13 makanan yang bisa mencegah kanker diantaranya:

1. Brokoli 

Brokoli merupakan sayuran yang memiliki banyak kandungan bermanfaat untuk melawan kanker. Di dalam brokoli terdapat banyak kandungan folat, serat, magnesium, beta karoten dan potasium. 

Menurut Studi tahun 2017, orang yang mengkonsumsi brokoli dapat mengurangi risiko kanker kandung kemih karena isothiocyanate yang memiliki antikarsinogenik yang dapat mengurangi sel kanker kandung kemih. 

Studi laboratorium lain juga menemukan bahwa kandungan sulforaphane dalam brokoli menurunkan sel kanker pada 65 hingga 80 persen sel kanker payudara manusia. 

2. Apel 

Buah yang memiliki banyak kandungan serat, vitamin C dan antioksidan ini ternyata dapat mengurangi risiko kanker kolorektal hingga 50 persen. 

Kandungan Flavonoid dan Polifenol kayak antioksidan dalam apel yang dapat mencegah timbulnya kanker dan tumor. Mengkonsumsi makanan tinggi flavonoid lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal akibat penyakit kanker dan jantung.

3. Blueberry 

Blueberry kaya akan kandungan vitamin C dan K, mangan, serat serta antioksidan. Buah ini mengandung fitokimia termasuk flavonoid dan resveratrol yang menawarkan sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

4. Biji Rami 

Biji rami memiliki segudang nutrisi baik seperti magnesium, mangan, thiamin, protein, dan banyak serat. Di dalam biji rami terdapat kandungan asam lemak omega-3 dan vitamin E yang sehat. . 

Biji rami dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker payudara ganas, sel kanker serviks, leukimia dan sel melanoma. Untuk mengkonsumsi biji rami dapat sebagai minyak atau memasukan bijinya ke dalam yogurt, roti dan smoothie. 

5. Wortel

Wortel kaya akan Vitamin A yang tinggi serta serat, karotenoid, dan vitamin K dalam jumlah yang baik. 

Wortel mendapatkan Vitamin A melalui beta-karoten dan alfa-karoten yang dapat menetralkan radikal bebas untuk mencegah proliferasi sel yaitu menghancurkan sel kanker dan membuat pembuluh darah baru. 

Wortel dapat menurunkan risiko terjadinya kanker prostat dan risiko kanker payudara sebesar 21 persen. 

6. Ceri 

Ceri memiliki kandungan tinggi antioksidan dan Vitamin C serta potasium. Ceri yang memiliki rasa asam dan manis mengandung fitokimia yang memberi kekuatan antioksidan serta Vitamin A. 

Dalam review dari 29 Studi, peneliti menemukan mayoritas menunjukan bahwa makan ceri menurunkan stres oksidatif, peradangan dan tekanan darah serta mengurangi risiko kanker usus besar. 

7. Ikan berlemak

Omega-3 yang terdapat dalam ikan berlemak seperti salmon, mackerel dan teri dapat melawan penyakit kanker. 

Omega-3 yang terdapat dalam ikan dalam menghentikan perkembangan tumor payudara dan menurunkan ukuran tumor hingga 60 sampai 70 persen serta menurunkan jumlah tumor hingga 30 persen dibandingkan biji rami.  

8. Kacang-kacangan 

Buncis, Kacang merah, Kacang hitam, Kacang polong kuning memiliki kandungan banyak serat, protein, dan folat yang dapat melawan kanker. Orang yang mengkonsumsi kacang-kacangan cenderung rendah terkena penyakit kanker kolorektal karena kacang-kacangan menawarkan mekanisme kemopreventif terhadap kanker usus besar.

9. Kenari 

Kenari adalah salah satu sumber polifenol terbaik dan menawarkan antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat melawan penyakit kanker, kardiovaskular, dan neurodegeneratif. 

10. Tomat

Tomat memiliki kandungan Vitamin C, A dan potasium serta antioksidan, karotenoid, dan likopen yang dapat menyehatkan jantung. 

Kandungan yang terdapat dalam tomat dapat mengurangi risiko kanker perut yang lebih rendah, mengurangi kerusakan akibat sinar UV dan mengurangi risiko kanker. 

11. Bawang Putih 

Khasiat yang terkandung dalam bawang putih dapat melawan kanker termasuk senyawa antibiotik dan antijamur allicin, flavonoid (Mencegah Kanker) serta selenium dan alil sulfida, yang membantu menghentikan dan memperbaiki kerusakan DNA yang disebabkan oleh sel kanker. 

12. Jeruk Bali 

Jeruk bali merupakan makanan yang memiliki manfaat anti kanker yang luar biasa yang dapat menurunkan risiko kanker rongga mulut dan kanker faring 50 persen. 

Jeruk bali memiliki banyak Vitamin C, serat, fitokimia, Flavonoid, serta karotenoid seperti beta-karoten dan likopen. Kandungan Vitamin C dan fitokimia dari jeruk bali menawarkan berbagai cara bagi tubuh untuk mengurangi risiko terkena kanker.

13. Kubis Merah 

Kol merah terbukti memiliki kandungan antioksidan tertinggi dan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat mencegah penyakit terkait dengan stres oksidatif seperti kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement