Advertisement

Pilihan Baru Bagi Vegetarian, Ada Inovasi Daging Salmon Nabati yang Mirip Aslinya

Lajeng Padmaratri
Rabu, 15 Februari 2023 - 18:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Pilihan Baru Bagi Vegetarian, Ada Inovasi Daging Salmon Nabati yang Mirip Aslinya Daging salmon nabati yang mirip aslinya. - Oddity Central - New School Foods

Advertisement

Harianjogja.com, TORONTO—Perusahaan rintisan atau startup di Kanada telah menemukan teknologi untuk membuat filet daging ikan salmon nabati yang terlihat dan terasa seperti salmon liar asli.

Selama ini, alternatif daging nabati telah ditemukan sejak bertahun-tahun lalu. Dengan merek seperti Beyond Meat atau Impossible Foods menjadi segelintir yang paling terkenal di industri makanan vegetarian yang sedang berkembang. Akan tetapi alternatif ikan dan makanan laut belum mendapat banyak perhatian ketimbang daging.

Advertisement

Melansir Oddity Central, perusahaan New School Foods yang berbasis di Toronto, Kanada mengklaim telah menemukan ikan salmon nabati yang mirip seperti aslinya. Perusahaan ini baru ada selama tiga tahun, tetapi ini sudah menjadi salah satu perusahaan yang paling banyak dibicarakan di industri alternatif makanan laut. Baru-baru ini mereka mendapatkan $12 juta (Rp182 miliar) untuk pendanaan awal berkat alternatif ikan salmon yang mengesankan.

“Teknologi mereka tidak seperti apa pun yang pernah kami lihat di industri. Mereka benar-benar meniru tekstur, rasa di mulut, dan pengalaman memasak dan memakan potongan daging utuh,” kata Nick Cooney, Mitra Umum di Lever Ventures.

Meskipun produk inovatifnya belum siap dipasarkan, New School Foods mengklaim bahwa salmon nabati memiliki hampir semua atribut serupa aslinya. Perusahaan mengaku telah menciptakan teknologi yang diperlukan untuk menghasilkan serat otot nabati yang terlihat, terasa, dan mengelupas seperti daging salmon asli.

Bahkan, kandungannya pun dibuat serupa. Salmon yang sebenarnya tinggi protein, maka menu alternatif ini juga tinggi protein dan memiliki tingkat asam lemak Omega 3 yang sama.

New School Foods mengandalkan serangkaian proses berbasis pendinginan untuk membuat filet salmon mentah yang dapat dimasak dengan berbagai cara, berbeda dengan perusahaan lain yang lebih sering membuat alternatif makanan dengan suhu tinggi.

Tahun ini New School Foods berencana untuk menguji filet salmon nabati inovatifnya itu di restoran terpilih melalui program percontohan khusus koki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

ASN Akan Dipindah ke Ibu Kota Nusantara Secara Bertahap hingga 2029, Ini Prioritasnya

News
| Jum'at, 19 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement