Advertisement

Mengenal Beri Marmer, Buah yang Biru Berkilau Seperti Dicat

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 14 Februari 2023 - 15:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mengenal Beri Marmer, Buah yang Biru Berkilau Seperti Dicat Berry Marmer - Juliano Costa/Wikimedia Commons

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJABuah Pollia condensata alias beri marmer, merupakan tanaman yang tumbuh di hutan Afrika Tengah. Buah ini secara ilmiah diakui sebagai zat organik paling cemerlang di alam.

Tanaman beri marmer tumbuh setinggi sekitar satu meter dan bertunas hingga 40 buah kecil yang sangat berkilau. Melihat beri marmer dari dekat, Anda mungkin akan menduga buah itu dilapisi cat biru metalik. Bentuknya sangat mirip dengan perhiasan Natal mini yang mengkilap, berkilauan di bawah sinar matahari, yang tidak biasa untuk sebuah tanaman.

Advertisement

Melansir dari Oddity Central, di bumi ini banyak tumbuhan dan buah-buahan berwarna cerah, tetapi tidak ada yang berwarna seperti beri marmer. Fakta itu menggelitik para ilmuwan. Setelah melakukan serangkaian pengujian, mereka menyimpulkan bahwa buah Pollia condensata bukan hanya buah paling cemerlang di dunia, tetapi juga benda organik paling cemerlang.

Di negara-negara seperti Etiopia, Mozambik, Tanzania, atau Ghana, beri marmer telah lama terkenal dengan bagian luarnya yang berkilau dan menarik perhatian, tetapi baru beberapa tahun yang lalu para ilmuwan akhirnya mengetahui apa yang membuatnya begitu cerah.

Baca juga: Kanker Serviks Penyebab Kematian Tertinggi Ketiga Wanita Indonesia, Cegah dengan HPV

Berbeda dengan buah lainnya yang ketahanan warnanya tergantung pada pigmenmya, beri marmer tetap sangat cerah selama beberapa dekade atau bahkan lebih lama.

Para ilmuwan menyebut pewarnaan semacam ini dengan "warna struktural". Ini dapat diamati pada berbagai hewan, seperti burung merak, yang bulunya berwarna coklat berpigmen tetapi memantulkan cahaya biru, pirus, dan hijau, serta beberapa spesies kupu-kupu dan kumbang. Beberapa tanaman juga menampilkan pewarnaan struktural, tetapi beri marmer dipandang paling mengesankan di dunia tanaman.

Setelah menganalisis buah marmer di bawah mikroskop, para ilmuwan menemukan bahwa lapisan luar buah terdiri dari tiga hingga empat lapisan sel berdinding tebal, seperti lapisan yang terbuat dari serat selulosa yang tersusun dalam formasi seperti spiral.

Saat cahaya mengenai buah beri, sebagian dipantulkan dan sisanya memancar ke yang lain. Pada dasarnya, berkas cahaya yang dipantulkan memperkuat satu sama lain untuk menghasilkan warna biru berkilauan yang menakjubkan ini.

Kalau-kalau Anda bertanya-tanya, tidak, beri marmer tidak bisa dimakan. Itu karena, selain bagian luarnya yang mengkilap, sebagian besar terdiri dari biji. Namun ada keuntungannya, yang paling jelas adalah bahwa mereka mempertahankan bentuk dan warna cerahnya selama beberapa dekade.

Beberapa tahun yang lalu, desainer makanan Bompas & Parr berkolaborasi dengan desainer perhiasan Maud Traon untuk membuat gelang beri perak dan marmer yang unik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gelombang I Pemberangkatan Jemaah Calon Haji ke Tanah Suci Dijadwalkan 12 Mei 2024

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement