Advertisement

Remaja Doyan Jajan dan Nyemil? Yuk Perbaiki Pola Makan dengan Cara Ini..

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 30 Januari 2023 - 10:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Remaja Doyan Jajan dan Nyemil? Yuk Perbaiki Pola Makan dengan Cara Ini.. Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Jajanan kaki lima dan beragam camilan kekinian menjadi makanan yang disukai kaum remaja. Padahal makanan tersebut belum tentu memiliki kadar gizi yang baik untuk tubuh.

Jika mengonsumsi jajanan seperti itu secara terus-menerus, maka akan mengganggu tumbuh kembang remaja. Untuk itu diperlukan panduan untuk memperbaiki pola makan remaja. 

Advertisement

Dilansir dari Hellosehat, berikut in tips memperbaiki pola makan remaja agar lebih sehat:

1. Biasakan tidak melewatkan sarapan

Sarapan berperan penting untuk tubuh diantaranya untuk memberi energi lebih banyak dan membantu remaja untuk lebih berkonsentrasi. Untuk itu, jangan sampai melewatkan waktu sarapan. 

Menu sarapan sehat untuk remaja bisa berupa roti isi, susu, telur dadar, atau oatmeal yang bisa dicampurkan dengan buah pisang. Selain itu juga bisa mencoba makanan sehat cepat saji yang berbeda seperti sarapan sereal gandum, muesli, roti gandum, muffin gandum, buah, yoghurt, atau pasta.

2. Kurangi minuman mengandung gula

Untuk mendapatkan pola makan yang menyehatkan, sebaiknya remaja mengurangi konsumsi yang manis-manis. American Heart Association (AHA) merekomendasikan asupan gula untuk anak usia 2-18 tahun adalah tidak lebih dari 6 sendok teh atau 100 kalori dalam sehari. Rekomendasi tersebut tidak termasuk gula alami dalam susu, buah, dan sayur.

Gula membuat tubuh anak tidak mudah kenyang dan selalu ingin makan. Selain memicu obesitas pada anak, gula juga bisa menjadi penyebab karies pada gigi.

3. Banyak makan buah dan sayur

Remaja biasanya mendapatkan protein dan karbohidrat yang cukup, tetapi kekurangan vitamin dan mineral dari buah dan sayuran. Kebanyakan dari mereka susah makan sayur.

Namun, untuk menjalani pola makan yang sehat bagi remaja, remaja tetap perlu mengonsumsi buah dan sayur setidaknya satu porsi setiap hari. Buah yang dapat dikonsumsi misalnya semangka, melon, anggur, atau stroberi. Sementara untuk sayur berupa sayur sop dengan isian wortel, buncis, dan sosis.

4. Kurangi makanan cepat saji

Bila ingin menjalani pola makan yang menyehatkan, sebaiknya kurangi intensitas mengonsumsi makanan cepat saji seperti ayam goreng, minuman bersoda, dan keripik kentang. Pasalnya, makanan cepat saji mengandung kadar lemak tinggi terutama lemak jenuh, garam dan gula tinggi, rendah serat, kurang kalsium dan zat besi, serta kalori tinggi.

Pola makan yang buruk dapat menyebabkan kenaikan berat badan, tekanan darah tinggi pada remaja, sembelit, kelelahan dan remaja susah konsentrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement