Advertisement

Siapa yang Berhak Memberi dan Menerima Angpau?

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 21 Januari 2023 - 17:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Siapa yang Berhak Memberi dan Menerima Angpau? Suasana di Wuhan jelang libur Tahun Baru Imlek, 8 Februari 2021. - Reuters/ Aly Song

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bagi-bagi angpau identik dengan tradisi saat Imlek. Angpau merupakan amplop merah berisi uang yang diberikan kepada penerima tertentu sebagai hadiah untuk menyambut Tahun Baru Imlek.

Amplop yang selalu berwarna merah itu biasanya dihiasi dengan tulisan Mandarin berwarna emas. Kedua warna ini, yakni perpaduan merah dan emas, menjadi ciri khas dari angpau. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Sebenarnya angpau tidak hanya ada saat Imlek tetapi juga kegiatan besar lainnya seperti pernikahan, ulang tahun, syukuran rumah baru, bahkan bisa juga dipersembahkan untuk barongsai yang sedang pentas. 

Baca juga: Pesona Wisata Khas Tionghoa Ini Cocok Dikunjungi Saat Liburan Imlek

Mengutip dari Wikipedia, angpau melambangkan kegembiraan dan semangat yang akan membawa nasib baik. Warna merah angpau melambangkan ungkapan semoga beruntung dan mengusir energi negatif. Oleh sebab itu, angpau tidak diberikan sebagai ungkapan berbelasungkawa karena akan dianggap si pemberi bersukacita atas musibah yang terjadi di keluarga tersebut.

Siapa yang memberi angpau dan siapa yang menerima biasanya sudah diatur dalam keyakinan masyarakat Tionghoa. Para pemberi angpau biasanya adalah pasangan yang sudah menikah, sementara penerimanya adalah orang yang belum menikah atau anak kecil.

Setelah menerima angpau, orang tua biasanya melarang anak-anak untuk membuka angpau pada saat masih berkumpul bersama-sama supaya tidak terjadi kecanggungan di antara para pemberi angpau. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bappenas Apresiasi Ganjar Pranowo terkait Penyusunan RPD dan RKPD

News
| Sabtu, 04 Februari 2023, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Kemegahan Desa Wisata Karangrejo Borobudur Menyimpan Kisah Menarik Bersama Ganjar

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement