Advertisement

6 Cara Meredakan Pembengkakan Payudara saat Menyusui

Bernadheta Dian Saraswati
Senin, 09 Januari 2023 - 21:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
6 Cara Meredakan Pembengkakan Payudara saat Menyusui Foto ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Payudara yang bengkak lazim dialami ibu menyusui. Kondisi ini mengakibatkan rasa nyeri di bagian payudara. 

Jika pembengkakan payudara terjadi saat hendak menyusui dan ibu menolak untuk menyusui si kecil, maka kondisi ini bisa semakin parah karena produksi ASI di dalam payudara akan terhenti. Lama-kelamaan membuat kurangnya asupan ASI untuk bayi.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Namun jangan khawatir, dikutip dari Prenagen, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan pembengkakan pada payudara saat menyusui, yaitu:

1. Menyusui Lebih Sering

ASI akan semakin banyak diproduksi ketika ibu semakin sering menyusui si kecil. Ini akan membuat bengkak pada payudara berkurang karena sirkulasi ASI yang sehat. Pastikan bayi telah mampu menghisap puting dengan benar sehingga ASI yang keluar menjadi lebih deras dan sesuai dengan kebutuhan bayi. Usahakan untuk menyusui setiap 1-3 jam sekali. Usahakan untuk melakukan pergantian antara payudara sebelah kanan dan sebelah kiri.

2. Memompa ASI

Jika intensitas bayi menyusui sudah berkurang dan tidak terlalu sering, maka ibu bisa mengosongkan payudara dengan bantuan pompa ASI. Lakukan pengosongan ASI di payudara dengan pompa ASI, lalu simpan di freezer. Lakukan pemompaan jika payudara sudah terasa kencang, namun si kecil belum mau menyusui.

3. Mengompres Payudara

Para ahli menyarankan untuk mengompres payudara untuk meredakan bengkak dan nyeri pada saat menyusui. Gunakan air dingin atau es batu yang dibalut dengan handuk, lalu tempelkan selama 10 menit sebelum atau sesudah selesai menyusui. Selain melakukan kompres dingin, Anda juga bisa mandi air hangat untuk melancarkan produksi ASI.

4. Bergantian Payudara Kanan dan Kiri

Meski ibu hanya merasakan bengkak di salah satu payudara, tetapi ibu harus tetap menyusui secara bergantian di payudara sebelah kanan dan kiri. Bila jumlah ASI yang dikeluarkan payudara kanan dan kiri seimbang, maka hormon akan terus bekerja untuk memproduksi ASI secara stabil.

5. Pijat Payudara

Ibu boleh melakukan pijatan ringan di sekitar area payudara sembari menyusui bayi. Meski tampak ringan, namun pijatan ini mampu meredakan nyeri dan menghilangkan bengkak pada payudara.

6. Mengonsumsi Obat

Jika rasa nyeri sudah mengganggu aktivitas, maka ibu diperbolehkan mengonsumsi obat pereda nyeri untuk mengatasinya. Pastikan obat yang ibu minum sudah mendapat persetujuan dari dokter dan aman untuk si kecil. Salah satu obat pereda nyeri yang aman dikonsumsi ibu menyusui adalah ibuprofen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Peringati Satu Tahun Perlawanan, Warga Wadas Gelar Pentas Seni dan Dirikan Patung

News
| Kamis, 09 Februari 2023, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Hyatt Regency Yogyakarta Hadirkan Sunday Brunch dengan Live Painting

Wisata
| Kamis, 09 Februari 2023, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement