Advertisement

Ini Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nuraini
Rabu, 04 Januari 2023 - 10:17 WIB
Sunartono
Ini Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan dan Kecantikan Catat, Ini Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan dan Kecantikan (freepik)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Bunga telang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bunga mengandung beragam kandungan nutrisi dan senyawa aktif. 

Lantas, apa sajakah manfaat bunga telang ungu bagi kesehatan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Manfaat dan Bahaya Bunga Telang

Bunga telang (Clitoria ternatea) disebut juga sebagai Butterfly pea adalah bunga dengan warna biru cerah dan ungu, kelopak bunga yang berbentuk corong, dan mahkota bunga yang berbentuk menyerupai kupu-kupu. Biasanya bunga ini diolah menjadi teh untuk dapat dikonsumsi. 

BACA JUGA : Diburu karena Corona, Harga Bunga Telang di Bantul

Selain menyegarkan, teh telang juga memiliki sejumlah khasiat untuk tubuh. Meskipun demikian, jika dikonsumsi berlebih, bunga telang juga bisa menimbulkan efek samping. Berikut penjelasan.  

Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan Tubuh

1. Meredakan gangguan kecemasan

Menurut jurnal Ancient Science of Life, konsumsi teh bunga telang yang dibantu dengan kegiatan yoga dapat meredakan gangguan kecemasan. Asam palmitat merupakan kandungan bunga telang yang berperan sebagai antidepresan. 

2. Mengandung senyawa antioksidan

Berdasarkan International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Science, bunga telang mengandung senyawa antioksidan yang berasal dari ekstrak metanol. Antioksidan tersebut berperan penting dalam mengurangi stress oksidatif, melindungi sel, dan memperlambat penuaan dini.

3. Mempercepat penyembuhan luka 

Manfaat bunga telang untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat mempercepat penyembuhan luka. Biji dari tumbuhan telang mengandung flavonoid glikosida dan fenolik yang berperan dalam mempercepat penyembuhan luka. Ekstrak dari tanaman ini juga mengandung senyawa fenolik yang sama-sama berperan dalam proses penyembuhan luka. 

4. Mengurangi Peradangan dalam Tubuh

Manfaat bunga telang untuk wanita maupun pria berikutnya yaitu mengurangi peradangan. Bunga telang mengandung sebanyak 51-52% asam oleat. Biasanya asam oleat berada di minyak zaitun. Kandungan bunga telang berupa asam oleat berperan sebagai anti inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan. 

5. Meringankan gejala diabetes

Sebuah penelitian dari BMC Complementary and Alternative Medicine, bunga telang mengandung senyawa yang bermanfaat bagi penderita diabetes. Bunga telang yang diolah menjadi teh dan dikonsumsi oleh penderita diabetes dapat meningkatkan antioksidan yang menurunkan kadar glukosa dan  insulin. 

6. Membersihkan kotoran pada mata

Menurun penjelasan di klikdokter.com, salah satu manfaat bunga telang untuk mata yaitu bisa membersihkan kotoran pada mata. Meskipun demikian, menggunakan bunga telang untuk membersihkan mata juga bisa memicu bahaya. Oleh karena itu, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan bunga telang untuk membersihkan mata. 

7. Membantu menurunkan berat badan

Bunga telang juga dipercaya bisa mempercepat penurunan berat badan. Menurut keterangan di yankes.kemkes.go.id, manfaat bunga telang untuk diet ini dikarenakan kandungan dalam bunga telang dipercaya bisa melunturkan lemak dalam tubuh. 

Manfaat Bunga Telang Untuk Kecantikan Wajah

Selain dapat menunjang kesehatan tubuh, bunga telang juga bermanfaat untuk kecantikan. Simak manfaat bunga untuk kecantikan, seperti berikut:

1. Meningkatkan skin barrier

Skin barrier merupakan bagian kulit paling luar yang berperan dalam menjaga kulit dari paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan perubahan pada kulit. Kandungan bunga telang berupa vitamin C, A, dan E yang kaya antioksidan dapat membantu memperbaiki skin barrier. 

2. Mencegah penuaan

Manfaat bunga telang untuk wajah berikutnya yaitu mencegah penuaan dini. Bunga telang kaya akan kandungan antioksidan. Bunga telang yang dikonsumsi sebagai teh maupun diaplikasikan sebagai masker sama-sama dapat membantu meminimalkan kerutan pada wajah.

3. Melembabkan kulit

Jurnal Molecules menyebutkan bahwa ekstrak bunga telang dapat menghidrasi kulit. Penggunaan bunga telang yang diekstrak menjadi masker dapat membantu melembabkan kulit wajah.

Bahaya Konsumsi Bunga Telang Berlebih

Sama halnya dengan makanan maupun minuman lainnya, konsumsi bunga telang berlebih juga bisa menimbulkan efek samping untuk tubuh. Dilansir dari SehatQ, konsumsi bunga telang yang berlebih kemungkinan bisa mengakibatkan mual dan diare. 

BACA JUGA : Berkat Bunga Telang, Mahasiswa UGM Juarai Lomba Esai

Sementara itu, bagi ibu hamil dan menyusui, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi bunga telang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Daftar Lengkap Daerah di Indonesia yang Wajibkan Beli BBM Subsidi Pakai MyPertamina

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sungai Ini Punya Air Super Jernih, Hingga Perahu yang Melintas Seperti Melayang di Udara

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement