Advertisement

Ini Tempat Terdingin di Bumi, Lebih Dingin Dibandingkan Planet Mars

Lajeng Padmaratri
Kamis, 29 Desember 2022 - 21:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Ini Tempat Terdingin di Bumi, Lebih Dingin Dibandingkan Planet Mars Ilustrasi. / Unsplash

Advertisement

Harianjogja.com, ANTARTIKA—Menurut satelit Observatorium Bumi NASA, tempat terdingin di Bumi adalah di gigir atau punggung gunung di Dataran Tinggi Antartika Timur. Di sana, suhunya bisa turun hingga -135,8 derajat Fahrenheit (-93,2 derajat Celcius).

Selama seminggu terakhir, sebagian besar negara Amerika Serikat tengah dipengaruhi oleh badai musim dingin yang ekstrem. Cuaca ini membawa hujan salju besar-besaran, angin yang merusak, dan suhu beku serendah -20 derajat Fahrenheit (-28 derajat Celcius).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Suhu itu saja sudah cukup rendah bagi rata-rata orang untuk menderita radang dingin jika terpapar langsung dalam waktu kurang dari 10 menit. Namun, suhu dingin di cuaca ekstrem itu masih kurang dingin jika dibandingkan dengan tempat terdingin di Bumi. Jika terpapar suhu serendah itu tanpa peralatan khusus, meski hanya beberapa detik, efeknya bisa mematikan.

Melansir Oddity Central, punggung gunung itu telah mempertahankan gelar sebagai tempat terdingin di dunia sejak 2013. Saat itu, satelit NASA pertama kali mencatat suhu di sana, tetapi semakin lama semakin dingin. Pada 2013, suhu terendah yang tercatat adalah -133,6 derajat Fahrenheit, tetapi sekarang tampaknya turun menjadi -135,8 Fahrenheit.

Rupanya, suhu di tempat terdingin di Bumi itu jauh lebih rendah daripada suhu di beberapa wilayah Mars, sebuah planet yang letaknya lebih jauh dari Matahari daripada Bumi. Planet merah itu memiliki suhu rata-rata -81 derajat Fahrenheit. Namun, menuju kutub, suhunya berangsur turun hingga -220 derajat selama bulan-bulan musim dingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Musyawarah Rakyat Tempatkan Airlangga di Tiga Besar Bersama Ganjar & Prabowo

News
| Kamis, 02 Februari 2023, 22:57 WIB

Advertisement

alt

3 Tempat Dingin di Sleman, Cocok Buat Healing

Wisata
| Kamis, 02 Februari 2023, 12:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement