Advertisement

Tips Agar Tidak Mudah Jerawatan karena Memakai Masker

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 23 November 2022 - 13:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Tips Agar Tidak Mudah Jerawatan karena Memakai Masker Jerawat / overcomepcos.com

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANJerawat akan mudah muncul saat kita menggunakan masker terlebih jika pemakaiannya dalam waktu yang lama.

Kondisi ini tidak bisa dihindari terlebih saat masa pandemi Covid-19 seperti sekarang yang mengharuskan kita untuk mematuhi protokol kesehatan, salah satunya menggunakan masker

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dermatolog dari UGM, dr. Fajar Wakito, Sp.KK(K)., M.Kes., menjelaskan penggunaan masker mengakibatkan trauma fisik pada permukaan kulit seperti gesekan gosokan, serta tekanan pada kulit wajah. Sementara trauma fisik di permukaan kulit wajah akibat pemakaian masker memicu peradangan pada kelenjar penyebab jerawat. Kondisi tersebut pada akhirnya membentuk lesi jerawat yang meradang di wajah.

Penggunaan masker membuat wajah panas dan lembab di sekitar kulit terlebih karena pernafasan, bicara maupun keringat. Hal itu juga menjadi faktor yang turut berkontribusi timbulnya jerawat di area wajah.

“Jadi gesekan, gosokan, tekanan, dan panas ditambah kondisi yang lembab menyebabkan jerawat di area kulit wajah yang tertutup atau sekitar masker,” tuturnya. 

Baca juga: Meski Bawa Kenikmatan, Hubungan Seks saat Menstruasi Bisa Berbahaya

Lalu bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir atau mencegah munculnya maupun memperburuk jerawat akibat sering mengenakan masker?

1. Ganti masker

Ganti masker jika sudah terasa lembab, panas, maupun nyeri pada kulit wajah. Lalu mencuci masker kain hingga benar-benar bersih. Upayakan untuk tidak menggunakan pewangi pakaian untuk menghindari iritasi.

2. Rajin membersihkan wajah

Membersihkan wajah setelah menggunakan masker dilakukan dengan sabun secukupnya. Adapun penggunaan sabun disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing. Apabila memiliki kulit yang cenderung kering disarankan untuk memakai produk yang mengandung pelembab dan hipoalergenik.

3. Gunakan pelembap

Oleskan pelembab agar kulit wajah tetap terhidrasi dan pilih pelembab sesuai dengan jenis kulit. Bagi yang memiliki kulit sensitif atau bermasalah dianjurkan memakai pelembab yang bersifat hipoalergenik untuk mencegah munculnya reaksi alergi pada kulit wajah.

4. Gunakan tabir surya

Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit wajah dari sinar UV serta pilihlah jenis tabir surya sesuai aktivitas sehari-hari. Fajar menyarankan penggunaan tabir surya yang baik adalah yang memiliki kandungan SPF minimal 30 % , PPA ++, ringan, dan bebas minyak.

5. Hindari riasan tebal

Hindari menggunakan make up atau riasan tebal karena bisa menyumbat pori-pori dan memicu munculnya jerawat. Jika memakai make up tebal sesegera mungkin bersihkan agar kandungan minyak di dalamnya tidak menutup pori-pori yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Fakta-Fakta Vaksin Qdenga yang Diklaim Mampu Cegah DBD 80 Persen

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement