Advertisement

Sineas Garin Nugroho Sebut Film Indonesia Makin Beragam

Newswire
Sabtu, 12 November 2022 - 04:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Sineas Garin Nugroho Sebut Film Indonesia Makin Beragam Garin Nugroho. / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sineas Garin Nugroho mengungkapkan bahwa saat ini film Indonesia semakin beragam dan menunjukkan dinamika film yang semakin dewasa.

Melansir Antara, Sabtu (12/11/2022), ia menilai bahwa keberagaman ini juga tercermin dari pilihan nominasi yang dihasilkan dari pemungutan suara Akademi Citra, baik itu genre maupun kualitas.

Advertisement

Pandemi yang menciptakan akselerasi teknologi juga bisa dirasakan di industri film. Generasi baru di dunia film bisa lebih berkembang karena akses yang jauh lebih luas dibandingkan generasi sebelumnya. Tema-tema yang diangkat dalam film kian bervariasi, demikian juga cara bertutur yang makin beragam.

"Batas seni, hiburan, pencapaian teknologi, industri, lebur jadi satu yang bisa dilihat di hasil nominasi FFI, itu pertanda dinamika film Indonesia yang makin dewasa," kata Garin yang juga Komite Bidang Penjurian Festival Film Indonesia 2021-2023 di konferensi pers Festival Film Indonesia, Jakarta, Jumat.

Garin menilai keberagaman menjadi ciri tontonan masa kini di mana akses menonton film kian luas berkat kemajuan teknologi. Film-film seni yang dulunya hanya bisa diakses oleh komunitas tertentu di festival film kini dapat ditonton secara mudah lewat platform streaming.

Layanan Over-The-Top (OTT) membuat semakin banyak orang mengapresiasi film-film yang dulunya sulit diakses. "Ekosistem media baru melahirkan apresiator baru," ujar dia.

Di sisi lain, ini juga disebabkan oleh kelas menengah yang didominasi usia produktif dari 18-38 tahun yang sudah tidak asing dengan media baru. Kemudahan untuk menonton film atau serial lintas genre dan negara bisa didapatkan hanya lewat gawai dan internet.

Saat ini juga mulai bermunculan serial-serial produksi OTT global yang dibuat oleh sutradara nasional, Garin mengatakan tren positif ini dapat dipertahankan dan dikembangkan dengan manajemen strategi budaya yang khusus agar bisa dikelola secara baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement