Advertisement

Begini Cara Kutu Rambut Bisa Menular

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 09 November 2022 - 00:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Begini Cara Kutu Rambut Bisa Menular Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-Rambut yang berkutu membawa masalah tersendiri bagi seseorang, terlebih perempuan. Selain membuat tidak nyaman karena rasa gatal, rambut berkutu bisa juga membuat penampilan menjadi tidak percaya diri.

Masalah ini tidak boleh disepelekan sebab kutu bisa berpindah dari satu kepala ke kepala lain. Jangan sampai Anda dicap sebagai penular kutu. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Melansir dari alodokter, kutu rambut dalam istilah medis dikenal dengan nama Pediculus humanus capitis. Kutu rambut dewasa umumnya berukuran sebesar biji wijen dan berwarna coklat atau keabu-abuan. Parasit ini dapat bertahan hingga 30 hari di kulit kepala manusia, tetapi biasanya akan mati dalam waktu 12–24 jam setelah terlepas dari rambut.

Kutu rambut bisa menular. Kutu rambut paling sering menular melalui kontak langsung dengan kepala penderita. Tanpa kontak langsung, kutu rambut tidak dapat berpindah dari satu kepala ke kepala orang lain. Hal ini karena kutu rambut tidak bisa terbang atau melompat.

Baca juga: Tiru Orang Lain di Twitter, Elon Musk Ancam Tangguhkan Akun

Meski tidak dapat terbang atau melompat, kutu rambut bisa merayap dengan cepat. Hal ini memungkinkan kutu rambut berpindah dari kepala penderita ke kepala orang lain melalui benda-benda yang digunakan di kepala, seperti topi, syal, sisir, jepit rambut, bantal, handuk, dan headphone.

Penularan juga bisa terjadi secara tidak langsung jika seseorang menyimpan benda-benda tersebut di tempat yang sama dengan benda milik penderita. Contohnya, meletakkan baju di lemari yang sama dengan penderita, atau ketika menggantung topi dan syal di kaitan yang sama dengan barang milik penderita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bappenas Apresiasi Ganjar Pranowo terkait Penyusunan RPD dan RKPD

News
| Sabtu, 04 Februari 2023, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Kemegahan Desa Wisata Karangrejo Borobudur Menyimpan Kisah Menarik Bersama Ganjar

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement