Advertisement

Biar Tidak Infeksi, Ini Aturan Seberapa Sering Pisau Cukur Diganti

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 05 November 2022 - 12:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Biar Tidak Infeksi, Ini Aturan Seberapa Sering Pisau Cukur Diganti Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penggunaan pisau cukur tak bisa untuk waktu yang lama. Pakar menyatakan pisau cukur harus sering diganti secara berkala.

Melansir Livestrong, dermatologis Lauren Ploch mengatakan seberapa sering seseorang harus mengganti pisau cukur tergantung pada seberapa sering dia mencukur dan ukuran area permukaan yang dicukur.

Advertisement

Aturan yakni mengganti pisau cukur setelah lima hingga 10 kali bercukur, atau lebih sering jika seseorang mencukur bagian tubuh yang lebih luas setiap hari.

Jika seseorang bercukur setiap hari, maka mata pisau akan lebih cepat tumpul dan perlu diganti lebih teratur.

Ploch mengatakan tidak ada gunanya mencukur dengan pisau cukur lama yang bahkan sudah berkarat. Hal ini malah dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan infeksi bakteri atau jamur. Bercukur menggunakan pisau berkarat juga dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam.

Dia menyarankan seseorang menggunakan pisau cukur yang bersih karena dapat membantu mengurangi risiko infeksi. Kemudian, untuk menjaganya tetap higienis sebaiknya cuci dengan air.

"Alkohol dapat membantu mendekontaminasi pisau, tetapi menyeka pisau dengan alkohol dapat merusaknya. Lebih penting untuk mengganti pisau secara teratur dan membilasnya setelah digunakan," kata dia.

Dia tak merekomendasikan menggosok pisau dengan spons atau handuk, yang dapat membuatnya lebih cepat kusam. Sebagai gantinya, tepuk-tepuk gagang dengan lembut untuk menghilangkan kelebihan air dan biarkan pisau cukur mengering setelah digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement