Advertisement

Cegah Penyakit, Segera Ganti Pakaian Begitu Tiba di Rumah

Newswire
Selasa, 18 Oktober 2022 - 00:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Cegah Penyakit, Segera Ganti Pakaian Begitu Tiba di Rumah Ilustrasi memilih pakaian. / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Saat kasus Covid-19 merebak, beberapa dari kita mungkin mulai terbiasa untuk mengganti pakaian begitu tiba di rumah selepas beraktivitas. Hal itu bisa meminimalisir penularan Covid-19.

Namun, pada dasarnya, hal itu tidak hanya wajib dilakukan selama pandemi Covid-19. Ahli kesehatan menegaskan bahwa kebiasaan mengganti pakaian begitu tiba di rumah bisa mencegah berbagai penyakit.

Advertisement

Menurut dokter penyakit menular di texas, Nikhil Bhayani, pakaian dapat membawa kuman, bahkan ketika pakaian itu terlihat bersih.

Mikroba seperti Salmonella, E. coli, dan Staphylococcus dapat menempel pada kain dan akan bertahan untuk sementara waktu.

Penelitian dalam jurnal GMS Hygiene and Infection Control menunjukkan mikroba ini dapat bertahan 90 hari di kapas dan lebih dari 200 hari untuk poliester. Dari sana, kuman dapat berpindah langsung ke kulit.

Setelah itu, ada kemungkinan kuman dapat menginfeksi seseorang dan membuatnya sakit, terutama jika dia mengenakan pakaian yang sama untuk waktu yang lama.

Bhayani mengatakan, risiko infeksi lebih tinggi jika seseorang memiliki sistem kekebalan yang lemah. Namun pada akhirnya, siapa pun bisa sakit bila tidur dengan pakaian kotor.

Penyakit menular bukan satu-satunya perhatian di sini. Jika seseorang memiliki alergi musiman, serbuk sari yang menempel pada pakaian saat dia berada di luar dapat memicu gejala, mengganggu tidur, atau membuat dia pengap dan sesak di pagi hari.

Itulah alasan mengapa para pakar alergi, termasuk di American College of Allergy, Asthma, & Immunology, selalu merekomendasikan untuk melepas pakaian luar dan mandi segera setelah seseorang masuk ke dalam rumah.

Bhayani menegaskan berganti pakaian adalah pilihan terbaik seseorang ketika tiba di rumah. Jika seseorang benar-benar tidak memiliki energi untuk melepas pakaian yang dia kenakan ke luar sebelum tidur, setidaknya dekontaminasi ruang tidur dengan mencuci seprai keesokan paginya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mahfud MD Doakan Eliezer Dapat Hukuman Ringan

News
| Jum'at, 27 Januari 2023, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lava Bantal, Destinasi yang Dahulu Hanya Jadi Objek Penelitian Mahasiswa

Wisata
| Jum'at, 27 Januari 2023, 11:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement