Advertisement

Ini Jamu Andalan Wawali Solo agar Jos Tangkal Penyakit

Newswire
Rabu, 29 Juli 2020 - 14:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini Jamu Andalan Wawali Solo agar Jos Tangkal Penyakit Penampilan baru Achmad Purnomo, Wakil Wali Kota Solom Sabtu (18/7/2020). (Solopos - Kurniawan)

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO - Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo, sempat dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Namun hanya hitungan hari, ia sudah bebas dari virus mematikan itu. 

Usu punya usut, pria yang gagal mendapatkan rekomendasi untuk Pilkada di Solo tersebut ternyata memiliki resep rahasia jamu andalan yang membuatnya tetap bugar dan cepat sembuh dari Covid-19. Jamu tersebut dibuat oleh sang istri Ny. Saraswati Purnomo.

Advertisement

Jamu andalan Purnomo agar tetap bugar dan cepat sembuh dari Covid-19 diminum secara berkala. Ramuan herbal itu dibuat dari perasan kunyit putih dan jahe.

“Saya kadang dibuatin perasan kunir putih dan jahe oleh istri. Perasan itu lalu dicampur madu dan air hangat,” terangnya saat dihubungi Solopos.com--jaringan Harianjogja.com, Selasa (28/7/2020).

Jamu yang biasanya dalam takaran setengah gelas itu diminum Purnomo sekali sehari. Tapi dia tidak setiap hari meminum jamu itu.

“Minumnya ya pas di-buatin istri. Efeknya tidak langsung terasa di badan. Tapi alhamdulillah sejauh ini saya sehat-sehat terus. Tapi yang utama jangan lupa berdoa mohon selalu diberi kesehatan,” seru dia.

Achmad Purnomo juga mengaku tidak pernah jatuh sakit satu kali pun sejak status kejadian luar biasa (KLB) Covid-19 di Kota Bengawan pada Maret 2020. Meski akhirnya dinyatakan positif Covid-19 pada Kamis (23/7/2020), Purnomo tetap tidak merasa sakit, walau sekadar pilek dan batuk ringan, maupun suhu tubuh naik.

Aktif Bertugas

Orang nomor dua di Kota Bengawan itu sudah berusia 71 tahun dan masuk kategori lanjut usia (lansia). Dia pun terus aktif menjalankan tugas-tugas sebagai Wawali Solo selama masa pandemi Covid-19, seperti menghadiri rapat atau kegiatan lain. Tidak ada yang berubah dari aktivitas Purnomo sebagai Wawali di masa pandemi.

Meski demikian Purnomo mengaku tidak punya kiat khusus untuk selalu bugar dan sehat. Selain minum jamu, Purnomo menerapkan protokol pencegahan Covid-19 dengan ketat.

“Biasa saja. Jadi dalam menghadapi pandemi ini selalu terapkan protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan, jaga jarak, pola hidup sehat. Makan sehat dengan dilengkapi aneka vitamin,” tutur dia.

Purnomo juga menyarankan untuk mengatur pola makan yang sesuai dengan kapasitas perut. Selain itu menurutnya konsumsi sayuran hijau sangat penting agar kebutuhan vitamin dan gizi tubuh terpenuhi.

“Makan yang sehat-sehat. Jangan makan seenaknya sendiri. Saya itu kalau makan tidak sampai kenyang, tapi juga tidak lapar. Selalu seperti itu,” imbuh dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement