Advertisement

Tips Memperbaiki Hubungan Orang Tua dengan Anak

Sirojul Khafid
Senin, 30 September 2024 - 13:17 WIB
Sunartono
Tips Memperbaiki Hubungan Orang Tua dengan Anak Warga lansia - ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Saling mengerti dan memaafkan menjadi cara untuk memiliki hubungan yang lebih baik, termasuk antara orang tua dan anak.

Psikolog dari Asosiasi Profesi Produktivitas Indonesia (APPRODI), Endang Retno Wardhani, mengatakan seringnya orang tua dan anak memiliki perbedaan cara pandang dalam banyak hal. Bisa dari orang tua ke anak, atau antar saudara kandung.

Advertisement

Psikolog lulusan Universitas Padjadjaran itu mengatakan perbedaan pendapat dapat berujung pada konflik, yang jika tidak diselesaikan dengan tepat akan semakin berlarut-larut. Oleh sebab itu, ketika dalam situasi emosional, sebaiknya ambil jeda dan sepakati bersama untuk membicarakan kembali masalah itu dengan tenang di lain waktu.

BACA JUGA : BEDAH BUKU: Masyarakat Diajak Perkuat Hubungan Baik antara Orang Tua dan Anak

"Komunikasi terbuka bisa dimulai dari anak ataupun orang tua, dan perlunya keterbukaan bersama untuk mencari solusi," kata Endang Retno, yang biasa disapa Dhani.

"[Orang tua dan anak] dapat menyelesaikannya dengan cara melihat akar permasalahan yang ada, dan melihat kemungkinan-kemungkinan terjadinya masalah dan apa hal baik yang didapat dari situasi tersebut."

Perbedaan pendapat dapat dihadapi bila orang tua bersedia membuka diri dan menjadi contoh baik bagi anak-anaknya. Menurutnya, pendapat orang tua tidak selalu benar, oleh karenanya anak perlu mengkomunikasikan pikirannya dengan tepat agar orang tua memahami apa yang mereka inginkan. "[Orang tua dan anak perlu] terbuka untuk saling memaafkan," katanya.

Komunikasi 

Komunikasi merupakan faktor kunci dalam upaya membangun hubungan positif antara orang tua dan anak. Komunikasi merupakan jembatan penghubung dalam membangun interaksi dan hubungan positif antara orang tua dan anak. Psikolog lulusan Universitas Padjadjaran ini berpendapat bahwa kepribadian dan cara anak dalam menghadapi masalah antara lain dipengaruhi oleh kebiasaan yang dibangun oleh orang tua sejak dini.

"Kebiasaan mendengarkan anak dan berdialog terbuka dapat membantu anak memiliki pengalaman positif dalam menyampaikan pendapatnya," kata Dhani, sebutan akrabnya.

BACA JUGA : Songsong Generasi Tangguh, Unisa Siap Berkolaborasi dengan Orang Tua/Wali Mahasiswa Baru 2024

Dhani mengemukakan pentingnya orang tua membangun komunikasi positif dengan anak agar bisa saling memahami. Menurutnya, potensi konflik akibat perbedaan pandangan dalam keluarga bisa dikurangi kalau kebiasaan komunikasi positif sudah dibangun sejak dini.

"Perbedaan pandangan sangat dimungkinkan, namun kebiasaan yang dilakukan untuk terbuka mendiskusikan dan saling mendengarkan akan dapat mengatasi permasalahan tersebut," katanya.

Kalau kebiasaan komunikasi positif sudah terbangun, maka orang tua dan anak akan bersedia saling mendengar dan melihat satu masalah dari berbagai sudut pandang sehingga dapat saling menghargai. "Kunci dalam membangun komunikasi timbal-balik adalah membangun kebiasaan dari sedini mungkin untuk terbuka berkomunikasi dengan anak, berdialog, dan saling mendengarkan cerita, pandangan, ataupun berbagai pengalaman yang dialami anak juga orangtua," kata Dhani.

Perbedaan pendapat di antara anggota keluarga tidak akan menjadi masalah kalau ada kemauan dari masing-masing anggota keluarga untuk berdialog dan saling mendengarkan penjelasan satu sama lain.

"Sesungguhnya perbedaan pendapat tidak masalah di dalam keluarga, namun membangun keterbukaan untuk saling memahami adalah penting, maka perlu membangun kebiasaan untuk melakukan problem resolution, yaitu penyelesaian masalah dengan berkomunikasi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

DPR Sahkan RUU Paten Jadi Undang-Undang, Masa Tenggang Publikasi Ilmiah Diperpanjang Jadi 12 Bulan

News
| Senin, 30 September 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement