Advertisement

Malnutrisi Bisa Menurunkan Imunitas, Ini Penjelasan Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam UI

Newswire
Selasa, 17 September 2024 - 23:07 WIB
Maya Herawati
Malnutrisi Bisa Menurunkan Imunitas, Ini Penjelasan Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam UI Foto ilustrasi nutrisi / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Malnutrisi dapat menyebabkan penurunan imunitas sehingga perlu segera ditangani. Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Profesor Ari Fahrial Syam menjelaskan yang terjadi saat manusia mengalami malnutrisi adalah penurunan imunitas karena daya tahan tubuh berkurang.

“Itulah mengapa semakin susah mengobati pasien malnutrisi," kata Ari dalam diskusi Pekan Sadar Malnutrisi 2024 yang digelar di Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Advertisement

Ari menjelaskan, malnutrisi menurut WHO adalah kekurangan, kelebihan, atau ketidakseimbangan dalam asupan energi maupun nutrisi pada seseorang.

Malnutrisi dapat menyebabkan berbagai gangguan biologi pada orang yang mengalami malnutrisi termasuk penurunan imunitas, mental, kekuatan otot, hingga gangguan fungsi jantung.

Menurut dia, malnutrisi sering kali tidak terdiagnosis dengan baik sehingga penanganan menjadi terlambat dan berdampak pada kegagalan dalam proses penyembuhan dan berujung pada peningkatan morbiditas dan kematian.

Oleh karena itu, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu mendorong pencegahan malnutrisi lewat asupan gizi seimbang dalam rangka mempersiapkan generasi emas yang sehat, berkualitas dan berdaya saing.

Namun demikian, upaya ini perlu keterlibatan berbagai pihak termasuk pemerintah, organisasi non-pemerintah, tenaga kesehatan, serta masyarakat umum untuk bersama-sama menggalakkan edukasi dan intervensi gizi.

"Malnutrisi bukan hanya kekurangan gizi sehingga harus teridentifikasi sejak awal saat pasien bertemu dengan dokter," katanya.

Lebih lanjut Ari menyampaikan intervensi nutrisi harus dilakukan sejak awal jika di dalam pemeriksaan awal terdeteksi adanya keadaan malnutrisi yang sedang atau berat.

Adapun penilaian malnutrisi meliputi anamnesis, pemeriksaan antropometri, laboratorium, dan pemeriksaan khusus lainnya.

"Orang kurus belum tentu malnutrisi, begitu juga orang gemuk juga belum tentu tidak mengalami malnutrisi," ujarnya.

BACA JUGA: Kawasan Kumuh Pedak Baru Dibangun Ulang, Begini Progresnya versi Pemkab Bantul

Sedangkan Peneliti dan Praktisi bidang kedokteran komunitas dan kedokteran kerja dokter Ray Wagiu Basrowi, mendorong adanya kolaborasi seluruh pemangku kepentingan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pencegahan malnutrisi.

Menurut dia, inisiatif untuk mencegah malnutrisi diperlukan karena gizi memainkan peran penting untuk membawa perubahan positif pada kesehatan dan kualitas hidup manusia.

"Pencegahan malnutrisi merupakan langkah krusial untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan optimal pada anak, serta menjaga kesehatan masyarakat secara keseluruhan," katanya.

Ia menjelaskan, salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah Health Belief Model (HBM), yang merupakan kerangka psikologi untuk memahami bagaimana keyakinan seseorang terhadap kesehatan mempengaruhi keputusan mereka dalam mengambil tindakan pencegahan.

Dengan HBM, masyarakat bisa lebih efektif meningkatkan kesadaran masyarakat tentang risiko malnutrisi dan dampak serius yang ditimbulkan.

HBM juga membantu kita memahami manfaat dari tindakan pencegahan meskipun ada tantangan seperti akses terhadap makanan bergizi.

Lebih lanjut Ray menyampaikan pentingnya menciptakan isyarat yang mendorong tindakan pencegahan dan membangun keyakinan pada setiap individu dan keluarga bahwa mereka mampu memenuhi kebutuhan gizi yang tepat.

"Perusahaan yang fokus pada nutrisi juga adalah mitra, bukan hanya rantai pemasaran saja. Karena produk nutrisi, riset, dan inisiatif sosial kita berikan untuk mencegah malnutrisi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” kata Ray yang juga Medical & Scientific Affairs Director di Nutricia Sarihusada.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BPK Endus Sejumlah Masalah Penting dalam Izin Tambang Minerba

News
| Kamis, 19 September 2024, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Menikmati Keindahan Alam dan Sungai di Desa Wisata Srikemenut Bantul

Wisata
| Rabu, 18 September 2024, 10:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement