Advertisement

Ide Makan Malam Masakan Indonesia yang Rendah Kalori, Jangan Lupa Perhatikan Porsinya

Maya Herawati
Selasa, 20 Agustus 2024 - 20:47 WIB
Maya Herawati
Ide Makan Malam Masakan Indonesia yang Rendah Kalori, Jangan Lupa Perhatikan Porsinya Ilustrasi Gado/Gado / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Masakan Indonesia sangat beragam. Jika Anda sedang diet dengan mengurangi porsi makan, ada ragam masakan yang bisa Anda santap untuk makan malam dan tetap rendah kalori.

Berikut ini beberapa ide masakan Indonesia yang cocok untuk santap malam dan cukup rendah kalori:

Advertisement

Sop Bening Ayam

Sop bening ayam adalah pilihan yang ringan dan sehat. Biasanya terbuat dari kaldu ayam dengan berbagai sayuran seperti wortel, buncis, dan daun seledri. Hindari penggunaan minyak berlebih dan pilih dada ayam tanpa kulit untuk mengurangi kalori.

Gado-Gado

Gado-gado biasanya disantap siang hari. Namun tentu tidak ada larangan jika Anda menyajikannya untuk makan malam karena makanan ini tergolong sebagai salad sayur yang tentunya rendah kalori. Gunakan sayuran segar seperti selada, mentimun, tomat, dan tauge, serta tambahkan sedikit bumbu kacang untuk rasa, tambahkan telur rebus untuk asupan protein. Hindari menggunakan bumbu kacang yang terlalu manis atau berlemak serta santap tanpa lontong.

BACA JUGA: Putusan MK soal UU Pilkada, Kampanye Boleh di Kampus Asal Memenuhi Persyaratan Ini

Tahu Tempe Penyet

Tahu atau tempe yang dipenyet dan disajikan dengan sambal. Untuk versi rendah kalori, gunakan tahu dan tempe yang dikukus atau dipanggang tanpa minyak berlebih.

Pecel

Anda bisa mencambur sayuran rebus seperti kangkung, bayam, dan tauge dengan bumbu kacang. Pecel biasanya rendah kalori dan kaya serat. Santap tanpa nasi.

Sayur Asem

Sup sayuran yang asam dengan bahan-bahan seperti jagung, melinjo, dan labu siam. Hidangan ini biasanya segar dan tidak mengandung banyak kalori. Santap dengan sedikit karbohidrat kompleks seperti kentang rebus atau sedikit nasi merah.

Nasi Merah dengan Ayam Bakar

Pilih nasi merah karena mengandung lebih banyak serat dibandingkan nasi putih. Untuk protein, pilih ayam bakar tanpa kulit dan hindari bumbu yang berat.

Urap

Campuran sayuran parut yang dibumbui dengan kelapa parut dan bumbu rempah. Urap biasanya segar dan rendah kalori. Santap dengan pilihan karbohidrat kompleks seperti sedikit nasi merah atau kentang rebus.

Jangan lupa untuk memperhatikan porsi dan cara memasak agar hidangan tetap sehat dan sesuai dengan kebutuhan kalori Anda. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Dari berbagai sumber

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dukung Program Makan Bergizi Gratis, Pemerintah Siapkan 1,5 Juta Ha Lahan Peternakan Sapi

News
| Kamis, 12 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement