Advertisement

Pilihkan Anak-Anak Cemilan Sehat, Cek Panduan Ini

Anitana Widya Puspa
Sabtu, 20 Juli 2024 - 13:27 WIB
Maya Herawati
Pilihkan Anak-Anak Cemilan Sehat, Cek Panduan Ini Ilustrasi siswa cemilan anak / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTACemilan sehat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Lazimnya buah dan sayur merupakan sumber zat gizi makro yang sangat bermanfaat bagi tubuh, karena kedua komponen gizi tersebut sangat penting dalam proses metabolisme tubuh anak.

Cemilan sehat yang lezat dan bergizi tidak hanya menggugah selera anak-anak tetapi juga mengandung nutrisi penting yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Advertisement

Mengedukasi anak tentang makanan sehat sangat penting dalam membentuk kebiasaan hidup yang baik sejak dini.

Menyambut Hari Anak Nasional yang jatuh pada bulan ini, berikut ini adalah 5 tips penting untuk memilih cemilan sehat.

  1. Pilihlah Produk Organik

Pastikan cemilan yang Anda pilih terbuat dari bahan berkualitas tinggi seperti bahan organik atau alami. Bahan makanan organik ini membantu mengurangi risiko paparan anak terhadap pestisida dan bahan kimia berbahaya, yang dapat berpotensi membahayakan kesehatan mereka.

Selain itu bahan organik juga tidak diolah dan diproses dengan zat atau bahan tambahan. Bahan tambahan yang dimaksud adalah bahan pengawet, pemanis buatan, bahan pewarna, dan perasa seperti Monosodium Glutamate (MSG). Memilih produk dengan bahan berkualitas tinggi adalah langkah penting untuk mendukung kesehatan anak-anak secara keseluruhan.

  1. Perhatikan Label Nutrisi dalam Cemilan

Hindari cemilan yang mengandung Bahan Tambahan Pangan (BTP) karena dapat berdampak buruk pada kesehatan anak, termasuk risiko obesitas dan masalah kesehatan lainnya. Pastikan untuk selalu memeriksa label nutrisi pada kemasan produk.

Perhatikan jumlah kalori, lemak (terutama lemak jenuh dan trans fat), protein, serat, serta vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Memastikan produk memenuhi kebutuhan gizi anak-anak adalah langkah penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka dengan baik.

BACA JUGA: Harga Bawang Merah Anjlok, Petani Bantul Terbantu Sistem Elektrifikasi

  1. Cari Variasi Rasa dan Pilihan

Untuk meningkatkan minat anak-anak terhadap makanan sehat, berikan mereka variasi rasa dan pilihan. Makanan yang mengandung berbagai jenis buah, sayur, atau kacang-kacangan tidak hanya menawarkan variasi yang menarik tetapi juga memberikan nutrisi yang beragam yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka.

  1. Libatkan Anak dalam Pemilihan

Libatkan anak dalam proses memilih cemilan untuk mengajarkan mereka tentang pentingnya makanan sehat sejak dini. Ajak mereka untuk aktif memilih dan mencoba berbagai jenis makanan sehat. Dengan melibatkan mereka, Anda tidak hanya meningkatkan minat mereka terhadap makanan sehat tetapi juga membantu mereka memahami pentingnya pola makan yang baik untuk kesehatan mereka.

  1. Ajarkan Kebiasaan Makan Sehat Sejak Dini

Selain memilih cemilan yang sehat, penting untuk mengajarkan anak-anak tentang kebiasaan makan sehat secara umum. Beri mereka contoh dengan memperkenalkan makanan yang seimbang dan teratur, seperti mengonsumsi buah-buahan, sayuran,, biji-bijian, dan susu atau alternatif olahan susu. Hal ini membantu mereka memahami pentingnya menjaga pola makan yang seimbang untuk mendukung kesehatan dan pertumbuhan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Wakil Ketua KPK Dapat Sanksi Sedang, Ini Alasan Dewan Pengawas

News
| Jum'at, 06 September 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Wisata Kuliner: Daftar Kedai Burger Lokal di Jogja

Wisata
| Senin, 02 September 2024, 08:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement