Advertisement

Unik, Sepeda Terpanjang di Dunia Ini Ukurannya Lebih dari 55 Meter

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 29 Juni 2024 - 15:47 WIB
Lajeng Padmaratri
Unik, Sepeda Terpanjang di Dunia Ini Ukurannya Lebih dari 55 Meter Sepeda terpanjang di dunia, memiliki panjang 55,16 meter. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Setelah sebelumnya ada sepeda tertinggi di dunia, kini juga muncul sepeda terpanjang di dunia yang dapat dikendarai. Sepeda itu memiliki panjang 55,16 meter, sama panjangnya dengan empat bus tingkat yang dijejerkan. 

Dilansir dari Oddity Central, sepeda ini dirancang dan dibangun oleh delapan insinyur Belanda. Ivan Schalk, 39, telah berpikir untuk membangun sepeda terpanjang di dunia sejak membacanya di Guinness Book of Records saat ia masih kecil, tetapi ia baru memulai proyek ini pada tahun 2018, sebagai cara untuk mengisi waktu luangnya.

Advertisement

Meski demikian, dia tahu itu bukan jenis hal yang dapat ia bangun sendiri, jadi ia mencari bantuan dari orang-orang yang berpikiran sama di desa asalnya di Prinsenbeek, Belanda. Bersama-sama, mereka menghabiskan waktu sekitar empat tahun, di luar pandemi Covid-19 selama dua tahun, demi mengerjakan sepeda terpanjang di dunia. 

Setelah terbangun, sepeda berukuran 55,16 meter ini serupa raksasa logam. Bahkan, sepeda ini membutuhkan setidaknya dua orang untuk mengendarainya.

BACA JUGA: Lebih dari 7 Meter, Inilah Sepeda Raksasa yang Pecahkan Rekor Tertinggi di Dunia

Meski sudah sejak awal diniatkan untuk memecahkan rekor Guinness, ternyata hal itu lebih sulit dari perkiraannya. Upaya pertama telah mereka dilakukan pada 3 Juni 2023, namun mereka baru mendapat konfirmasi dari Guinness sekitar November tahun lalu, dan disebutkan bahwa rekor tersebut bukan sepeda terpanjang di dunia, namun sepeda tandem terpanjang di dunia.

Bagi Schalk, ini adalah perbedaan yang penting, karena dari sudut pandangnya, tim tersebut telah menghormati peraturan rekor Guinness untuk sepeda.

Menurut buku aturan Guinness, maksimal dua orang diizinkan untuk duduk di sepeda sepanjang 55,16 meter itu, satu di depan di stang dan satu di belakang untuk mengayuh. Namun, Schalk juga mengizinkan tiga orang lainnya untuk duduk di struktur logam panjang yang menghubungkan bagian depan dan belakang sepeda. Mereka tidak membantu sama sekali, sebaliknya, mereka menambah berat, tetapi Guinness memutuskan bahwa terlalu banyak orang yang mengendarai alat itu untuk memenuhi syarat untuk rekor sepeda terpanjang.

Tim ini sedikit kecewa dengan keputusan awal, namun mereka memutuskan untuk mengambil rekor sepeda tandem terpanjang di dunia dan kemudian memecahkan rekor sepeda terbesar yang bisa dikendarai, kali ini dengan dua orang yang diperlukan di dalamnya. Mereka baru-baru ini mendapat konfirmasi dari Guinness bahwa mereka bangga menjadi pemilik dua rekor dunia.

BACA JUGA: Supermarket di Jepang Punya Kasir Jalur Lambat untuk Lansia

Menariknya, bagian depan dan belakang sepeda adalah tempat keajaiban terjadi, karena bagian panjang di antara keduanya disewa dari perusahaan produksi logam di Breda, kota di Belanda, yang mengkhususkan diri dalam membangun panggung untuk berbagai acara. Setelah memecahkan rekor, mereka mengembalikan bagian tersebut ke perusahaan, sementara bagian sepeda lainnya akan dibawa ke museum sejarah lokal di Prinsenbeek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemiskinan di Jateng Turun 0,30 Persen, Pj Gubernur Jateng Minta Semua Pihak Tetap Bekerja Keras

News
| Senin, 01 Juli 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement