Advertisement

Supermarket di Jepang Punya Kasir Jalur Lambat untuk Lansia

Lajeng Padmaratri
Rabu, 19 Juni 2024 - 12:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Supermarket di Jepang Punya Kasir Jalur Lambat untuk Lansia Sebuah supermarket di Jepang menerapkan kasir dengan sistem pembayaran ekstra lambat yang ditujukan bagi lansia hingga penyandang disabilitas. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, TOKYO—Sebuah supermarket di Jepang menerapkan kasir dengan sistem pembayaran ekstra lambat yang ditujukan bagi lansia hingga penyandang disabilitas. Kasir ini memungkinkan pelanggan tidak perlu terburu-buru dalam melakukan pembayaran usai berbelanja.

Kebanyakan supermarket di Jepang saat ini terus-menerus mencari cara untuk mempercepat proses pembayaran. Secara tidak langsung, banyak pelanggan yang merasa tertekan harus segera mengemas belanjaan mereka dan membayar secepat mungkin, agar tidak menahan antrean terlalu lama.

Advertisement

Sayangnya, beberapa orang tidak bisa secepat itu, baik karena faktor lanjut usia, penyandang disabilitas, atau bahkan sedang hamil. Beberapa dari orang-orang ini sering kali merasa bersalah karena bergerak terlalu lambat, sehingga mereka menghindari pergi ke supermarket sama sekali.

Sementara itu, salah satu masalah utama yang dihadapi lansia di perkotaan adalah kesepian, lantaran kehidupan sangat sibuk dan semakin digital. Untuk mengatasi hal ini, sebuah supermarket di Prefektur Fukuoka Jepang mencoba memecahkan masalah ini dengan menyediakan kasir dengan sistem pembayaran yang sangat lambat, sehingga pelanggan dapat menghabiskan waktu hingga 20 menit tanpa merasa harus terburu-buru.

BACA JUGA: Anti Membusuk, Begini Cara Menyimpan Daging Kurban yang Benar

Dilansir dari Oddity Central, supermarket di Prefektur Fukuoka dengan pembayaran ekstra lambat itu awalnya dirancang untuk orang lanjut usia, penyandang cacat, dan wanita hamil. Sistem itu diusulkan oleh Abe Nana dari Pusat Dukungan Penyakit Alzheimer di Prefektur Fukuoka yang mengetahui betapa frustrasi dan malunya para pembeli lanjut usia karena terburu-buru mengantri. Jadi dia mengusulkan solusi yang dibuat khusus untuk mereka, yaitu sebuah kasir di mana pembeli dapat menghitung uang mereka dengan tenang, mengemas belanjaan sesuai keinginan mereka, dan bahkan mengobrol dengan kasir jika mereka mau.

Sistem pembayaran khusus ini telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap keuntungan supermarket. Beberapa pelanggan sekarang berbelanja di sini secara rutin karena mereka tidak lagi dipaksa untuk harus cepat saat mengantri.

BACA JUGA: Viral, Ada Rapper Bisu dan Tuli dari Kongo

Bahkan, saking populernya sistem tersebut, supermarket menyebut ada peningkatan penjualan hingga 10%.

Warganet pun mengungkapkan harapan mereka agar kasir tersebut bisa ditempatkan di supermarket wilayah lain.

“Alangkah baiknya jika ada supermarket seperti ini di dekat saya,” komentar seseorang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Anggaran Makan Siang Gratis Dijatah Rp7.500 per Anak, Menteri Keuangan Bilang Begini

News
| Jum'at, 19 Juli 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement