Advertisement

Lebih dari 7 Meter, Inilah Sepeda Raksasa yang Pecahkan Rekor Tertinggi di Dunia

Lajeng Padmaratri
Kamis, 20 Juni 2024 - 11:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Lebih dari 7 Meter, Inilah Sepeda Raksasa yang Pecahkan Rekor Tertinggi di Dunia Sepeda tertinggi di dunia dengan tinggi lebih dari tujuh meter. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dua penggemar bersepeda asal Prancis baru-baru ini mencetak Rekor Dunia Guinness untuk kategori sepeda tertinggi yang dapat dikendarai setelah membuat sepeda raksasa setinggi 7,77 meter atau sekitar 25 kaki 5 inci.

Dikutip dari Oddity Central, kedua pemuda bernama Nicolas Barrioz dan David Peyrou itu telah punya ide untuk membuat sepeda tertinggi di dunia sejak 5 tahun yang lalu. Namun, butuh waktu berbulan-bulan untuk benar-benar memikirkan bagaimana mewujudkan hal itu terjadi.

Advertisement

Sepeda unik ini membutuhkan waktu ratusan jam untuk diselesaikan sehingga dapat dikendarai, bahkan untuk jarak dekat. Membuat sepeda sepanjang 7 meter yang dapat dikendarai tentu tidak semudah membuat sepeda biasa.

Misalnya, pedal harus dihubungkan ke roda melalui rantai sepanjang 16 meter. Selain itu, karena ketinggiannya yang ekstrem, sepeda harus melaju dengan kecepatan sekitar 15-20 km/jam agar pengendara bisa tetap menjaga keseimbangan.

BACA JUGA: Supermarket di Jepang Punya Kasir Jalur Lambat untuk Lansia

Sepeda tertinggi di dunia yang bisa dikendarai ini dibuat dari paduan logam, baja, dan kayu. Sepeda ini memiliki sadel, dua roda berukuran standar, dan stang lengkap dengan dua tuas rem, hanya saja jarak roda dengan sadel sekitar tujuh meter. Rangka raksasa antara sadel dan roda sebagian besar terbuat dari kayu dari furnitur bekas, karena duo di belakang proyek ini percaya bahwa bahan tersebut akan menggantikan bahan paduan dalam beberapa dekade, akibat kelangkaan mineral.

“Kayu merupakan material yang menarik dari sudut pandang ekologi,” kata Nicolas. “Menurut pendapat saya, bahan ini akan menggantikan bahan paduan dalam konstruksi rangka sepeda dalam beberapa dekade mendatang karena kekurangan mineral.”

David dan Nicolas menghabiskan waktu sekitar dua tahun untuk membuat sepeda pemecah rekor mereka dan memutuskan untuk memperkenalkannya kepada dunia di kota Clermont-Ferrand, Prancis, selama festival sepeda tahunan.

Untuk membuktikan keberhasilannya, salah satu dari mereka harus mengendarainya tanpa bantuan dalam jarak 100 meter, yang ternyata cukup rumit. David adalah pengendaranya, dan dia mengenakan tali pengaman yang diikatkan pada kawat zip untuk keselamatan.

BACA JUGA: Rayakan Anniversary 20 Tahun, MSI Bagikan Promo Spesial Laptop Terjangkau

Membuat sepeda mencapai kecepatan yang diperlukan untuk menjaga keseimbangan adalah bagian yang sulit. Sebuah video pendek menunjukkan betapa tidak stabilnya setang di tangan David saat ia berusaha menjaga sepeda setinggi 7,7 meter itu agar tidak terjatuh. Untungnya, setelah ia mendapatkan kecepatan tertentu, pengendaraannya menjadi lebih mulus, dan keduanya memecahkan rekor untuk sepeda tertinggi yang dapat dikendarai dengan jarak 36 sentimeter.

“Kecepatan sepeda adalah kunci stabilitasnya,” kata Nicolas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: 12 Orang Meninggal Akibat Tanah Longsor Tambang Ilegal Solok

News
| Sabtu, 28 September 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement