Advertisement

Minyak Kelapa Bantuk Jaga Kesehatan Kulit dan Cegah Gigi Berlubang

Mutiara Nabila
Jum'at, 14 Juni 2024 - 15:27 WIB
Maya Herawati
Minyak Kelapa Bantuk Jaga Kesehatan Kulit dan Cegah Gigi Berlubang Minyak kelapa / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Minyak kelapa terbuat dari bagian terdalam buah kelapa (Cocos nucifera). Minyak ini adalah minyak nabati yang kaya nutrisi, dan merupakan salah satu minyak yang bisa memadat di suhu ruang.

Minyak kelapa juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, termasuk memperbaiki tekstur kulit dan rambut. Namun, makanan ini mengandung persentase lemak jenuh yang besar, yang bisa menimbulkan dampak buruk seperti penyakit jantung.

Advertisement

Sudut pandang yang bertentangan ini telah menimbulkan beragam pandangan mengenai manfaat minyak kelapa bagi kesehatan. Namun penelitian terdahulunya cukup menjanjikan bahwa minyak kelapa punya banyak manfaat daripada kerugiannya. Minyak kelapa dapat mendorong pembakaran lemak dan menawarkan sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang meningkatkan kesehatan mulut.

Berikut ragam manfaat minyak kelapa:

Membantu Menjaga Berat Badan

Penelitian terbaru menemukan bahwa suplementasi minyak trigliserida rantai menengah atau medium-chain triglycerides (MCT) dapat mengurangi berat badan secara signifikan, terutama bila digunakan bersamaan dengan diet ketogenik rendah kalori.  Lemak dalam minyak kelapa mengandung 65% MCT, sehingga mungkin memiliki efek yang sama.

Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat mempengaruhi pembakaran lemak, mirip dengan minyak MCT. Adapun, sebuah penelitian menemukan bahwa minyak kelapa menghasilkan penurunan berat badan, indeks massa tubuh (BMI), dan persentase massa lemak yang signifikan secara statistik, namun, hasilnya minimal. Banyak ahli nutrisi yang enggan menyebut minyak kelapa sebagai "onat" untuk mengontrol berat badan, apalagi tanpa penelitian lebih lanjut.

Menjaga Kesehatan Kulit

Banyak orang menggunakan minyak kelapa untuk mengatasi masalah kulit. Baik untuk mempercepat penyembuhan luka, merawat kulit kering, atau menjaga kelembapan kulit yang baru ditato, minyak kelapa telah terbukti meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi peradangan.

Misalnya, sebuah penelitian menemukan bahwa penderita eksim yang menggunakan minyak kelapa murni atau extra virgin coconut oil mengalami perbaikan yang signifikan.

Eksim adalah sekelompok kondisi kulit kronis yang dapat menyebabkan peradangan, iritasi, dan pembengkakan kulit.

Sejumlah penelitian juga menunjukkan sifat anti-inflamasi minyak kelapa. Penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan ekstrak minyak kelapa pada kulit dapat meningkatkan kemampuannya dalam memberikan lapisan pelindung. Minyak ini juga disebut menawarkan sifat antimikroba dan anti-gatal.

BACA JUGA: Ada Wahana Baru di Wisata Gardu Pandang Merapi

Meningkatkan Kesehatan Rambut

Minyak kelapa sering kali menjadi bahan dalam sampo dan kondisioner. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengaplikasikannya pada kulit kepala dapat mengurangi hilangnya protein pada rambut. Selain itu, kinerjanya lebih baik daripada minyak bunga matahari dan minyak mineral dalam melindungi rambut.

Mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala juga diperkirakan memiliki manfaat lain. Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat mengurangi kulit kering dan mengelupas, bahkan mungkin meningkatkan bakteri sehat di kulit kepala yang berfungsi mencegah ketombe.

Mencegah Gigi Berlubang

Oil pulling, terkadang disebut oil swishing, mirip dengan penggunaan obat kumur atau obat kumur menggunakan minyak kelapa.  Minyak ini juga dipercaya dapat mencegah dan mengobati penyakit mulut dan sistemik.

Penelitian menunjukkan bahwa oil pulling dqpat mengurangi bakteri dan plak serta meningkatkan skor gingiva. Skor gingiva menilai peradangan gingivitis pada skala 0-3. Selain itu, minyak kelapa juga dapat mengurangi kerentanan terhadap gigi berlubang. Minyak ini bisa menjadi pilihan sederhana dan hemat biaya untuk kesehatan mulut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Anggaran Makan Siang Gratis Dijatah Rp7.500 per Anak, Menteri Keuangan Bilang Begini

News
| Jum'at, 19 Juli 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement