Advertisement

Penampilan Keren Anda Rusak karena Rambut Berminyak dan Lepek? Coba Tips Ini

Redaksi
Rabu, 12 Juni 2024 - 22:27 WIB
Arief Junianto
Penampilan Keren Anda Rusak karena Rambut Berminyak dan Lepek? Coba Tips Ini Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Rambut berminyak dan lepek acap merusak penampilan seseorang. Belum lagi rambut berminyak dan lepek sering membuat tidak nyaman, gatal, dan sebagainya.

Dilansir dari stylecraze.com dan webmd.com, rambut berminyak biasanya disebabkan karena adanya penumpukan sebum berlebih. Adapun faktor lain seperti perubahan hormon, genetika, cuaca panas, pubertas, stres, dan kekurangan vitamin B.

Advertisement

Kulit kepala berminyak bisa memicu dermatitis seboroik, yaitu penyakit kulit yang menyebabkan penderitanya mengalami gatal, peradangan, hingga pengelupasan. Ketombe menjadi salah satu jenis penyakit dermatitis seboroik. Apabila dibiarkan dalam jangka panjang, bisa menyebabkan kerontokan rambut dan psoriasis.

Jika Anda punya masalah rambut berminyak dan lepek, berikut beberapa tips untuk mengatasinya:

  1. Pengaplikasi kondisioner

Kondisioner dapat melindungi lapisan terluar rambut yaitu kutikula. Lapisan ini mengontrol kandungan air pada serat rambut yang terbuka setelah pengaplikasian sampo.

Penggunaan kondisioner yang benar, dapat menghasilkan kulit kepala bebas dari minyak dan tekstur rambut yang lebih halus. Karena itu, Anda harus menggunakan kondisioner hanya satu atau dua kali dalam seminggu.

Caranya, Anda hanya perlu mengoleskan di bagian ujung rambut dan hindari penggunaan di kulit kepala.

  1. Lebih jarang mencuci rambut

Jika Anda mempunyai kebiasaan mencuci rambut atau keramas lebih dari 4 kali dalam seminggu. Maka, mulai sekarang cobalah hindari kebiasaan ini karena dapat membuat kulit kehilangan minyak alami, sehingga memicu penumpukan sebum. Untuk itu, Anda hanya perlu melakukan keramas 2 - 3 kali dalam seminggu.

  1. Keramas dengan benar

Orang yang mengalami masalah kulit berminyak seringkali mempunyai kebiasaan keramas tidak benar. Mulai dari tidak membasahi rambut sebelum keramas, membilas dengan air panas, hingga pengaplikasian yang salah.

Mulai sekarang, Anda harus mencuci rambut secara benar dengan mengoleskan sedikit sampo ke akar dan kulit kepala. Pijat kulit kepala secara lembut dan perlahan, hindari menggunakan kuku agar kulit tidak terluka akibat gesekan.

  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel bersifat asam sehingga dapat membantu mengurangi produksi minyak pada kulit kepala. Karena itu, Anda dapat mencampurkan 2-3 sendok makan cuka sari apel dengan 1 gelas air.

BACA JUGA: Jeruk Nipis Ampuh Hilangkan Ketombe

Setelah melakukan keramas, bersihkan rambut dengan cuka sari apel yang diencerkan. Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air dingin. Anda bisa mengaplikasikannya sebanyak 2-3 kali seminggu.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya mempunyai sifat astringen dengan nutrisi tinggi yang dapat mendukung pengendalian minyak rambut. Mulai sekarang, Anda dapat mencampurkan 1-2 sendok makan lidah buaya dengan 1 sendok makan jus lemon dan secangkir air.

Gunakan campuran ini untuk membilas rambut setelah keramas. Perawatan masker lidah buaya, dapat dilakukan hanya 1 kali dalam seminggu.

  1. Teh hijau

Teh hijau mengandung polifenol yang dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan mengurangi jumlah produksi minyak. Karena itu, Anda dapat menggunakan air teh hijau sebagai masker dengan mengoleskannya pada kulit kepala dan rambut.

Biarkan masker menyerap selama 30-40 menit, kemudian bilas menggunakan air. Anda dapat melakukan perawatan ini hanya seminggu sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LBH Padang Akhirnya Beberkan Kronologi Penganiayaan Anak oleh Polisi

News
| Minggu, 23 Juni 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement