Advertisement

Daging Kurban Memicu Kolesterol, Turunkan dengan Makanan Ini

Muhammad Sulthon Sulung Kandiyas
Senin, 10 Juni 2024 - 16:47 WIB
Maya Herawati
Daging Kurban Memicu Kolesterol, Turunkan dengan Makanan Ini Ilustrasi daging / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Daging kurban yang melimpah pada Hari Raya Iduladha seperti sapi dan kambing yang biasanya diolah menjadi sate, sop, atau gulai. Akan tetapi, daging tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Dalam pengolahannya, masyarakat cenderung menambahkan santan dan minyak jenuh lainnya sehingga berisiko tinggi terserang kolesterol jahat.

Advertisement

Bukan tanpa alasan, tingginya kadar kolesterol memperbesar peluang terserang penyakit jantung dan stroke karena menumpuknya lemak di saluran arteri yang pada akhirnya menghambat aliran darah.

Selain cara mengolah daging yang benar, mencegah kolesterol setelah mengonsumsi daging qurban dapat dibantu dengan beberapa asupan tambahan berupa sayur atau buah-buahan. Dilansir Healthline dan Harvard Health, berikut makanan yang dapat turunkan kadar kolesterol setelah mengonsumsi daging kurban:

Alpukat

Sebuah studi pada 2016 menunjukan bahwa kandungan lemak tak jenuh dalam alpukat berhubungan dengan penurunan kolesterol total, LDL, dan trigliserida. Selain itu, mengonsumsi satu buah alpukat setiap hari dapat membantu menurunkan kadar LDL dibanding yang tidak mengonsumsi alpukat. Buah alpukat dapat dijadikan salad atau topping tambahan pada roti panggang.

Cokelat Hitam

Mengonsumsi cokelat hitam bisa menjadi alternatif lainnya untuk mengurangi kadar kolesterol setelah makan daging saat Iduladha. Kandungan polifenol dalam cokelat mencegah oksidasi kolesterol LDL dalam darah.

Selain itu meminum minuman berbahan dasar cokelat dua kali sehari selama satu bulan mampu menurunkan kolesterol LDL sebesar 6,5 mg, sehingga juga berdampak terhadap tekanan darah.

Di samping itu, pastikan Anda mengonsumsi cokelat yang rendah lemak dan gula lantaran kedua kandungan tersebut meningkatkan risiko diabetes.

Apel

Tidak jauh berbeda dengan cokelat hitam, buah apel juga mengandung polifenol untuk menekan kadar kolesterol LDL dalam tubuh.

Mengonsumsi dua hingga apel dapat menurunkan kadar kolesterol sebanyak 5% dan 13% serta meningkatkan kadar HDL hingga 12%. Dampak lainnya adalah menjaga kesehatan jantung karena kaya akan serat dan nutrisi sehat.

BACA JUGA: Kemenkominfo Ancam Blokir Telegram karena Dianggap Tak Kooperatif Berantas Judi Online

Ikan Berlemak

Berbeda dengan lemak yang terkandung pada daging sapi dan kambing, kandungan lemak pada ikan memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Lemak omega-3 adalah kandungan penting dalam menurunkan kadar kolesterol LDL.

Omega-3 dapat mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan melindungi jantung dari penumpukan lemak. Anda bisa mengonsumsi ikan berlemak sebanyak dua atau tiga kali seminggu.

Oat

Oat adalah olahan berbahan dasar gandum yang sudah sejak lama bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol pada kelompok lanjut usia. Oat merupakan sumber serat yang baik untuk mengikat kolesterol jahat dalam tubuh. Oat bisa dikonsumsi bersamaan dengan buah anggur, alpukat, stroberi, atau buah lainnya untuk memaksimalkan penurunan kadar kolesterol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Parah! Tenda Jemaah Haji Mirip Barak Pengungsian, Luas 112 Meter untuk Tidur 160 Orang

News
| Jum'at, 21 Juni 2024, 03:27 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja, Pasar Beringharjo Gudangnya Makanan Legendaris

Wisata
| Selasa, 18 Juni 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement