Advertisement

Jaga Kesehatan Kulit dengan Konsumsi Buah Nanas

Novita Sari Simamora
Senin, 03 Juni 2024 - 21:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Jaga Kesehatan Kulit dengan Konsumsi Buah Nanas Nanas / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Buah tropikal, nanas tak hanya cocok dikonsumsi saat musim panas dalam bentuk jus, maupun dikonsumsi secara langsung. Pasalnya, nanas memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan, yaitu dipenuhi dengan nutrisi dan baik memelihara kesehatan kulit.

Dilansir dari situs Kemenkes, Minggu (2/6/2024) kandungan yang terdapat dalam buah nanas adalah vitamin C dan mangan. Vitamin C berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sistem kekebalan tubuh dan membantu penyerapan zat besi dari makanan. Mangan merupakan mineral alami yang membantu pertumbuhan dan menjaga kesehatan metabolisme, serta mengandung antioksidan bagi tubuh.

Advertisement

Kedua kandungan tersebut, membuat nanas memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin C dan mangan, memberikan khasiat yang ekstra dalam memelihara kesehatan tubuh dari luar dan dalam. Antioksidan dan penggunaan vitamin C yang seimbang, membuat kulit lebih sehat, cerah, dan melembabkan secara alami.

Baca Juga

Gangguan Kesehatan Mental Kerap Dialami Anak Muda, Kebanyakan Masalah Bermula dari Rumah

Kesehatan Mental Masih Jadi Masalah Bagi Pelajar dan Mahasiswa Jogja

Isu Kesehatan Mental Mahasiswa Dokter Spesialis Merebak, Upaya Skrining Kesehatan Mental Dilakukan FK-KMK UGM

Dilansir dari tasteofhome.com, selain kandungan vitamin C dan mangan, terdapat kandungan lain dari nanas yang mampu memelihara kesehatan tubuh secara alami.

Berikut manfaat konsumsi buah nanas bagi kesehatan:

1. Dipenuhi dengan nutrisi

Nanas merupakan alternatif yang baik untuk mencoba makanan manis sehat, dan memelihara kesehatan secara alami. Buah ini mengandung banyak nutrisi, yang siap untuk memenuhi kebutuhan gizi dan kesehatan manusia. Dalam 1 cangkir buah nanas atau (165g) mengandung:

. Kalori: 82.5

. Total Karbohidrat: 21,6g

. Serat Makanan: 2.3g

. Pati: 0.0g

. Gula: 16,3 g

. Total Lemak: 0.2g

. Protein: 0.9g

. Vitamin C: 78.9mg

. Kalsium: 21,5 mg

. Besi: 0.5mg

. Magnesium: 19,8 mg

. Fosfor: 13,2 mg

. Kalium: 180mg

. Sodium: 1.7mg

. Zinc : 0.2mg

. Mangan: 1,5 mg

2. Meningkatkan tampilan kulit secara sehat

Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain untuk memecah dan membantu menyapu sel-sel kulit mati pada kulit. Kandungan enzim tersebut, cocok dijadikan sebagai bahan yang ideal untuk membuat masker wajah. Jika ekstrak dari buah nanas dijadikan sebagai salah satu bahan kecantikan, maks hasil yang didapatkan membuat kulit lebih muda dan cerah secara alami.

3. Membantu mengangkat sel kulit mati pada bibir

Nanas dapat membantu menghaluskan bibir dengan cara penggunaan scrub bibir secara alami. Anda hanya mempersiapkan tiga bahan sederhana, yaitu campurkan 1/2 sendok makan jus nanas dengan 1/2 sendok makan minyak kelapa yang sudah dilelehkan.

Selanjutnya tambahkan 2 sendok makan gula putih, dan oleskan pada area bibir menggunakan kain yang lembab. Anda dapat menggunakan scrub bibir untuk mencerahkan, dan mengangkat sel kulit mati yang rusak.

4. Mengatasi perut yang sakit

Kandungan enzim bromelain dalam nanas juga membantu mengatasi pencernaan yang buruk. Hal ini membantu untuk memecah protein dan dapat mengurangi peradangan yang terjadi di sekitar perut. Anda dapat mengonsumsi nanas sebagai sumber serat makanan yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan pada manusia.

5. Menjaga kesehatan mata

Kandungan beta karoten dan vitamin A dalam buah nanas, membantu mendukung penglihatan dan mencegah risiko kehilangan penglihatan sejak dini. Konsumsi buah nanas dapat disesuaikan dengan kebutuhan kesehatan Anda, sesuai porsi dan takaran yang tepat.

6. Mengurangi Keriput

Sebagai zat alami, Anda dapat merasakan secara singkat efek pengencangan pada kulit yang dihasilkan oleh nanas. Khasiat nanas untuk mengurangi keriput pada kulit, diperkuat dengan kandungan vitamin C yang dapat membuat kulit menjadi halus dan bertahan dalam waktu yang cukup lama.

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Sepotong nanas mampu membantu Anda untuk mencukupi 75% asupan harian mangan pada tubuh. Mangan diakui sebagai pemeran utama untuk kesehatan tulang dan telah terbukti membantu mengatasi masalah tulang yang bersifat kompleks seperti osteoporosis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dubes Turki untuk PBB Prihatin Atas Anak Jadi Korban Konflik Bersenjata

News
| Jum'at, 28 Juni 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Gunung Batu di Tiongkok Dijuluki Ujung Pisau Berkat Bentang Alamnya yang Unik

Wisata
| Minggu, 23 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement