Advertisement

Suka Memotret Makanan? Simak Tipsnya Agar Hasil Jepretan Keren

Newswire
Rabu, 15 Mei 2024 - 22:37 WIB
Arief Junianto
Suka Memotret Makanan? Simak Tipsnya Agar Hasil Jepretan Keren Memotret makanan. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Food photography atau seni memotret makanan adalah aktivitas yang menghasilkan foto makanan yang dapat menggugah selera.

Food photography dan food stylist, Marisa Djemat mengatakan dalam memotret makanan ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan fotografer agar mendapatkan foto makanan yang estetik dan menggugah selera dengan kamera ponsel

Advertisement

Berikut tips memotret makanan yang baik:

Pencahayaan

Cahaya bisa datang dari arah belakang objek (back light), kanan atau kiri atas objek (rim light), side light atau pencahayaan samping yang sejajar objek, oval light dari kanan bawah dan front light dari depan objek.

“Jenis cahayanya bisa ada natural dan artificial light,” kata Marisa dalam acara Samsung Food Photography Workshop, Rabu (15/5/2024).

Penataan atau Styling

Hal ini penting karena sangat menentukan supaya fotonya terlihat cantik. Hal yang harus dipikirkan saat penataan adalah dilihat dari jenis makanannya, misalnya makanan Korea atau Indonesia bagian mana yang menarik untuk dijadikan fokus foto.

Selain itu, perhatikan juga bahan utama dari objek yang menarik perhatian misalnya cabai atau biji kopi pada minuman kopi.

“Bisa juga menentukan styling dari lokasi, misal di kafe atau restoran, mungkin di restoran bisa sambil baca majalah atau kacamata baca, atau di dapur ada talenan, pisau atau serbet,” tambah Marisa.

Cara penataan makanan juga memiliki aturannya agar komposisi di dalam kamera terlihat apik. Sederhananya, letakkan objek atau point of interest di 3/4 frame kamera, lalu tambahkan properti yang sesuai dengan objek yang difoto dengan penataan seperti huruf X (cross).

“Kalau mau styling-nya lebih banyak makanan lagi tambah properti yang ada levelingnya, satu tinggi, satu rendah, dan membentuk huruf X,” saran Marisa.

Sudut pengambilan gambar atau Angle

Angle memotret yang tepat bisa menentukan agar makanan bisa terlihat jelas dan menarik.

Salah satunya pengambilan objek 3/4 frame dengan sudut pengambilan 45 derajat yang memperlihatkan bagian atas dan depan makanan di piring.

Teknik ini biasa digunakan untuk memperlihatkan makanan yang disajikan di dalam mangkuk agar isi mangkuk terlihat jelas.​​​​​​​

BACA JUGA: Mahir Jadi Foodgrammer Bersama Harian Jogja di Artotel

Angle selanjutnya adalah flat layout yang menampilkan semua makanan yang ada di atas meja. Angle ini bagus digunakan untuk foto yang memiliki bentuk seperti donat, dan eye level yaitu memotret objek yang sejajar dengan arah pandang mata.

Eye level bisa digunakan untuk memotret makanan yang memiliki lapisan seperti botol minuman, sushi, atau kue lapis agar makanan terlihat jelas dan tegak lurus.​​​​​​​

Marisa juga menyarankan untuk fotografi makanan gunakan mode potrait pada kamera ponsel agar gambar bisa terfokus pada objek yang ingin di foto dan tidak terganggu ruang kosong di kanan dan kiri objek.

Gunakan juga fitur tambahan pada ponsel seperti food mode agar makanan lebih berwarna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Wacana Pembentukan Dewan Media Sosial, Ini Penjelasan Menteri Kominfo

News
| Selasa, 28 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Mekar Setinggi 3,4 Meter

Wisata
| Minggu, 26 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement