Advertisement

Telinga Peri yang Menonjol Jadi Tren Operasi Plastik di China, Dianggap Simbol Kecantikan

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 04 Mei 2024 - 09:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Telinga Peri yang Menonjol Jadi Tren Operasi Plastik di China, Dianggap Simbol Kecantikan Belakangan ini, telinga yang menonjol seperti peri (elf) dianggap sebagai salah satu standar kecantikan baru di China hingga banyak yang rela operasi plastik. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, BEIJING—Dalam banyak budaya, telinga yang terlalu menonjol dari tengkorak dianggap sebagai cacat fisik, namun hal ini berbeda di negeri China.

Belakangan ini, telinga yang menonjol seperti peri (elf) dianggap sebagai salah satu standar kecantikan baru di China.

Advertisement

BACA JUGA: Aneh, Bola Nasi Onigiri yang Dibuat Gadis Jepang Ini Jadi Kuliner Populer

Tren di China ini mulai mendapatkan perhatian dunia pada tahun 2021 ketika diliput oleh beberapa outlet berita besar di dunia hingga menjadi trending topik di media sosial. Saat itu, influencer bernama Chen Jianan mengunggah foto dirinya sesudah dan sebelum operasi plastik, yang ternyata mengubah telinganya yang biasa menjadi lebih menonjol tampak seperti peri.

Dilansir dari Oddity Central, Chen yakin bahwa perubahan kecil ini membuat wajahnya terlihat lebih ramping dan lebih muda. Jika dilihat dari jumlah klinik kosmetik di China yang menawarkan prosedur 'telinga elf', dia jelas bukan satu-satunya yang menjalaninya. Banyak orang yang rela menjalani operasi plastik dan membayar banyak uang untuk mendapatkan telinga yang menonjol.

Ada lebih dari satu cara untuk mendapatkan telinga peri, yang secara teknis lebih mirip telinga goblin, karena telinga tersebut menempel ke samping daripada mengarah ke atas seperti yang ada pada ras fantasi Tolkien.

Salah satu cara yang paling tidak invasif adalah dengan menyuntikkan asam hialuronat di belakang cuping telinga untuk membuatnya menempel ke samping, namun ini hanya bersifat sementara, karena telinga cenderung kembali ke posisi semula seiring dengan hilangnya efek suntikan.

Untuk mendapatkan efek permanen, klinik bedah plastik akan memasukkan sepotong tulang rawan di belakang telinga, namun prosedur ini lebih invasif dan biayanya lebih mahal.

Bagi mereka yang tidak mampu melakukan operasi kecantikan, terdapat pita perekat khusus yang mendorong telinga ke luar untuk mendapatkan tampilan telinga peri. Meskipun kelemahannya adalah terlihat dari belakang dan bahkan terlepas pada saat yang tidak tepat.

BACA JUGA: Pria di Moskow Didenda Akibat Rambutnya Dicat Warna Kuning dan Biru, Ini Sebabnya

Walaupun kedengarannya aneh bagi sebagian besar orang Barat, kegilaan pada telinga yang menonjol jelas bukanlah operasi yang paling aneh di China.

Ternyata, masih ada tindakan operasi lain yang lebih aneh, yaitu 'calfblocking', yang mengacu pada tindakan memutus saraf kaki yang ‘kurang penting’ untuk menghentikan pertumbuhan otot betis mereka secara permanen. Operasi yang biasa dilakukan perempuan muda China ini membuat betis mereka tampak lebih ramping dan lurus sesuai idaman standar kecantikan di negara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Tangkap 2 Remaja Diduga Akan Tawuran di Bantul

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement