Advertisement

Republik Chechnya Melarang Musik dengan Irama yang Terlalu Cepat atau Lambat

Lajeng Padmaratri
Rabu, 17 April 2024 - 09:17 WIB
Lajeng Padmaratri
Republik Chechnya Melarang Musik dengan Irama yang Terlalu Cepat atau Lambat ilustrasi / Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, GROZNY—Republik Chechnya di Rusia baru-baru ini melarang musik dansa yang dianggap terlalu cepat atau terlalu lambat. Wilayah dengan mayoritas Muslim ini mengeluarkan larangan tersebut dalam upaya untuk menghilangkan pengaruh Barat yang dianggap “mencemari” wilayah itu.

Menteri Kebudayaan Chechnya, Musa Dadayev mengatakan bahwa semua karya musik, vokal, dan koreografi harus sesuai dengan tempo 80-116 ketukan per menit. Dengan begitu, semua musik disesuaikan dengan mentalitas dan ritme Chechnya.

Advertisement

BACA JUGA: Pria Amerika Pecahkan Rekor Setelah Lakukan 26 Ribu Squat Selama 24 Jam

“Meminjam budaya musik dari negara lain tidak dapat diterima,” kata Dadayev dikutip dari The Guardian, Rabu (17/4/2024). “Kita harus membawa kepada masyarakat dan masa depan anak-anak kita warisan budaya masyarakat Chechnya. Ini mencakup seluruh spektrum standar moral dan etika kehidupan orang Chechnya.”

Menurut laporan di media Rusia, Dadayev menetapkan batas waktu 1 Juni bagi seluruh seniman di wilayah tersebut untuk menulis ulang musik apa pun yang tidak sesuai dengan aturan.

BACA JUGA: Sheila On 7 Bakal Jumpai Penggemar di 5 Kota Ini

Undang-undang tersebut pada dasarnya mengkriminalisasi sebagian besar genre musik dansa modern yang biasanya dimainkan di klub-klub di seluruh dunia, seperti house, techno, dubstep, atau drum'n'bass. Beberapa musik hip-hop dan rap, yang biasanya dimainkan dengan kecepatan antara 60 dan 140 detak per menit, secara teori masih memenuhi syarat untuk “rasa ritme” tradisional Chechnya yang ingin dipertahankan oleh rezim pemimpin otoriter, Ramzan Kadyrov.

Langkah aneh ini berarti bahwa, jika diberlakukan, akan melarang banyak lagu Barat dari berbagai genre, termasuk pop, disko, dan rock. Aturan itu membuat masyarakat Chechnya secara umum hanya dapat menikmati genre musik tradisional setempat seperti khalkaran yish, yaitu lagu instrumental yang digunakan untuk mengiringi tarian, prosesi, dan pacuan kuda, serta balada epik heroik yang dikenal sebagai illi yish. Mereka dapat diiringi oleh dechig pondar, alat musik bersenar tiga yang mirip dengan balalaika Rusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : The Guardian

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tak Semua Harus Dirangkul, Prabowo Diminta Sisakan 2 Partai Agar Bisa Jadi Oposisi

News
| Selasa, 30 April 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement