Advertisement

Dosen Ini Punya Cara Unik Agar Mahasiswa Tidak Nyontek Saat Ujian

Lajeng Padmaratri
Senin, 01 April 2024 - 14:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Dosen Ini Punya Cara Unik Agar Mahasiswa Tidak Nyontek Saat Ujian Topi anti curang ala mahasiswa jurusan pertanian di Batangan State University, Filipina. - World of Buzz

Advertisement

Harianjogja.com, BATANGAS—Baru-baru ini, potret sekumpulan mahasiswa mengikuti ujian viral di media sosial. Yang menarik, para mahasiswa itu mengenakan penutup kepala berbagai rupa yang ternyata ditujukan agar mereka tidak saling mencontek.

Peristiwa unik itu terjadi di Filipina. Angela Ebora, dosen jurusan pertanian di Kampus Lobo, Batangas State University di Filipina Utara, membagikan sejumlah foto mahasiswanya yang mengenakan ‘topi anti curang’ ke media sosial.

Advertisement

BACA JUGA: To'ak, Cokelat Termahal di Dunia karena Dibuat dari Varietas Kakao Langka

Dilansir dari World of Buzz, Ebora dikabarkan meminta para mahasiswanya untuk membuat topi anti mencontek dengan tema pertanian untuk mereka gunakan saat ujian tertulis.

Hasilnya, hampir semua mahasiswa menjadi sangat kreatif ketika mereka muncul dengan tutup kepala yang unik dan rumit saat ujian. Seseorang mengenakan topi gergaji mesin, ada juga sebuah kotak yang dicat agar terlihat seperti Pikachu, penanak nasi, atau bahkan hanya kotak karton tua biasa.

Ebora menyampaikan kepada Filipino Television Network News 5 bahwa ia menyarankan melakukan hal tersebut untuk mengurangi beberapa stres yang mungkin dihadapi siswanya akibat ujian sambil menjaga integritas akademik.

BACA JUGA: Kotak Kejujuran, Cara Unik Penduduk Shetland Inggris dalam Berbisnis

Kendati demikian, ia juga menyadari bahwa permintaannya untuk membuat topi anti curang itu mungkin membebani beberapa orang yang sudah stres jelang ujian. Untuk itu, Ebora tidak mewajibkannya, tetapi dia menyebutkan bahwa siapapun yang datang dengan topi anti curang akan memungkinkan mereka mendapat nilai tambahan 5 skor pada ujian mereka.

Awalnya, Ebora mengira permintaannya hanya akan dikabulkan oleh segelintir mahasiswa. Begitu hari ujian tulis tiba, ia terkejut melihat hampir 70 siswa hadir dengan topi anti curang ala mereka.

“Saya menjadi sangat bangga dengan mereka,” kata Ebora.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : World of Buzz

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Ruang Meletus, Warga Pesisir Pantai Diungsikan Hindari Potensi Tsunami

News
| Rabu, 17 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement