Advertisement

Perusahaan Ini Produksi Miniatur Mobil Sport yang Harganya Saingi Mobil Aslinya

Lajeng Padmaratri
Rabu, 28 Februari 2024 - 15:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Perusahaan Ini Produksi Miniatur Mobil Sport yang Harganya Saingi Mobil Aslinya Miniatur mobil sport karya Amalgam. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, BRISTOL—Perusahaan Amalgam yang berbasis di Inggris berspesialisasi dalam model miniatur mobil sport ikonik. Uniknya, hasil karya mereka bahkan bisa menyaingi harga mobil aslinya.

Didirikan pada tahun 1995 di Bristol, Inggris, Amalgam telah membangun reputasi sebagai pembuat replika miniatur mobil paling detail di dunia. Dengan menjaga hubungan dekat dengan pabrikan ternama seperti Ferrari, Lamborghini, atau Aston Martin, perusahaan ini memiliki akses ke data CAD asli dan gambar teknik kendaraan yang mereka replikasi, serta kode cat dan sampel warnanya.

Advertisement

BACA JUGA: Di Jerman, Ada Taman Hiburan yang Berdiri di Bekas Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Dilansir dari Oddity Central, Amalgam juga menggunakan foto resolusi tinggi dan pemindaian digital untuk membuat ulang setiap kendaraan dengan sempurna. Setiap replika skala 1:8 milik perusahaan membutuhkan waktu antara 250 dan 450 jam kerja keras untuk menyelesaikannya, sehingga harganya bisa mencapai $30.000 (Rp470 juta) per unit, tergantung modelnya.

Amalgam baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan menambahkan Lamborghini Countach LP400 yang ikonik dan Lamborghini Revuelto yang akan datang ke koleksi replika dengan skala 1:8. Yang pertama akan diproduksi sebanyak 199 unit, dan seperti kreasi Amalgam lainnya, akan menampilkan semua elemen terkecil dari mobil aslinya, termasuk pintu gunting fungsional dan lampu depan pop-up.

Koleksi ini bisa menjadi milik Anda hanya dengan $18.700 (Rp293 juta). Sedangkan untuk Revuelto, sejauh ini perusahaan hanya mempublikasikan rendering digital dari replika tersebut, namun harganya telah diumumkan, yaitu $16,400 (Rp257 juta).

Penting untuk diketahui bahwa kreasi Amalgam bukanlah mainan sederhana, namun karya seni koleksi yang ditujukan untuk pemilik mobil mewah yang ingin barang berharga mereka diciptakan kembali dalam skala yang lebih kecil. Faktanya, perusahaan yang berbasis di Bristol ini menawarkan untuk membuat replika mobil siapa pun dalam skala 1:8 yang dipesan lebih dahulu, hingga ke detail terkecil.

BACA JUGA: Riasan Bikin Wajah Tetap Segar di Puasa Ramadan

“Kami akan membuatkan untuk Anda model yang luar biasa dan sangat detail yang mereplikasi setiap aspek spesifikasi mobil Anda,” demikian bunyi situs web Amalgam.

Miniatur yang dipesan lebih dahulu biasanya sedikit lebih mahal daripada miniatur edisi terbatas. Misalnya, meskipun model seri Revuelto dihargai $16.400, replika yang dipesan lebih dahulu akan dikenakan biaya sekitar $23.500 (Rp368 juta).

Saat ini, replika skala 1:8 termahal di situs Amalgam adalah Ferrari 250 GTO, dengan harga $29,760 (Rp467 juta). Sedangkan untuk model termahal, gelar tersebut dimiliki oleh sepasang replika 1:4 dari dua kendaraan Mercedes Formula 1, masing-masing berharga $41,145 (Rp645 juta).

Meski demikian, tak semua produk Amalgam harganya fantastis. Jika anggaran terbatas, tetapi ingin memiliki miniatur Amalgam, Anda dapat memilih salah satu replika skala 1:18 perusahaan, yang berkisar antara $1.000 dan $2.000 atau sekitar Rp15-20 jutaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bus dengan Puluhan Penumpang Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto, Begini Kronologinya

News
| Rabu, 17 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement