Advertisement

Wanita India Bersumpah Diam Selama 32 Tahun Terakhir

Lajeng Padmaratri
Sabtu, 13 Januari 2024 - 13:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Wanita India Bersumpah Diam Selama 32 Tahun Terakhir Saraswati Devi, perempuan India berusia 85 tahun yang bersumpah diam selama 32 tahun terakhir. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, NEW DELHI—Seorang wanita berusia 85 tahun akan mengakhiri sumpah diamnya selama lebih dari 30 tahun lamanya. Begini cerita di balik sumpahnya.

Melansir Oddity Central, sumpah itu disebut ‘maun vrat’ atau sumpah diam. Seorang perempuan bernama Saraswati Devi melakukannya sejak 1992 atau 32 tahun yang lalu.

Advertisement

Sumpah itu berawal dari keputusan Saraswati untuk lebih banyak berziarah ke kuil-kuil sejak kematian suaminya pada tahun 1986.

BACA JUGA: Perempuan Asal Ghana Coba Pecahkan Rekor dengan Menyanyi 5 Hari Tanpa Henti

Pada tahun 1992, dia tiba di Ayodhya, di mana dia bertemu Mahant Nritya Gopal Das, kepala Ram Janmabhoomi Trust, yang memerintahkannya untuk mengelilingi Gunung Kamtanath sebagai tanda pengabdian kepada Dewa Ram. Kemudian pada tanggal 6 Desember, Saraswati bertemu Swami Nritya Gopal Das, kepala kuil terbesar di Ayodhya, Mani Ram Das Ki Chavani.

Saat itu, Saraswati sangat terinspirasi olehnya sehingga dia bersumpah untuk tidak berbicara sampai kuil baru yang didedikasikan untuk Ram akan dibangun di kota. Sumpahnya akhirnya akan berakhir akhir bulan ini, dengan diresmikannya kuil Ram Mandir di Ayodhya.

“Ibu mertua saya mengunjungi Ayodhya dan berjanji 'maun vrat' sampai Ram Mandir dibangun,” kata salah satu menantu perempuannya.

BACA JUGA: Gambar Kucing Tidur di Sawah Jadi Cara Petani Thailand Gaet Wisatawan

Menurutnya, ibu mertuanya itu akan berkomunikasi dengan bahasa isyarat selama tidak berbicara. “Dia biasa berdiam diri selama 23 jam sehari, hanya berbicara selama satu jam pada siang hari. Selebihnya, dia berkomunikasi dengan kami melalui pena dan kertas. Sebagian besar, kami memahami bahasa isyaratnya. Tapi dia biasa menuliskan kalimat rumit di selembar kertas,” urainya.

Mulanya, jam bicaranya masih bisa bisa diterima keluarganya. Namun begitu memasuki 2020, ketika Perdana Menteri India Narendra Modi secara resmi mengumumkan pembangunan kuil Ram Mandir, perempuan itu berhenti berbicara sepenuhnya.

Saraswati Devi dikabarkan telah mengunjungi kuil-kuil Hindu paling terkemuka di India selama 32 tahun terakhir sambil mempertahankan sumpah diamnya. Kini pengabdiannya kepada Dewa Ram telah mencapai status yang hampir melegenda.

Pada tanggal 22 Januari mendatang, saat kuil Ram Mandir akan diresmikan, dia akan mengakhiri 'maun vrat' dengan mengucapkan 'Ram Naam'.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement