Advertisement

Perempuan Asal Ghana Coba Pecahkan Rekor dengan Menyanyi 5 Hari Tanpa Henti

Lajeng Padmaratri
Kamis, 11 Januari 2024 - 12:37 WIB
Lajeng Padmaratri
Perempuan Asal Ghana Coba Pecahkan Rekor dengan Menyanyi 5 Hari Tanpa Henti Afua Asantewaa Owusu Aduonum berusaha untuk mendapatkan rekor dunia menyanyi dengan bernyanyi 5 hari tanpa henti. - Citinewsroom

Advertisement

Harianjogja.com, ACCRA—Seorang aktivis dan pengusaha asal Ghana, Afua Asantewaa Owusu Aduonum berusaha untuk mendapatkan rekor dunia menyanyi tanpa henti. Ia berupaya memasukkan namanya ke dalam Guinness Book of Records dengan mencoba bernyanyi terus menerus selama 126 jam 52 menit.

Melansir Oddity Central, upaya yang disebutnya sebagai “sing-a-thon” itu dilakukannya di di ibu kota Accra, pada Malam Natal dan selesai pada Jumat, (29/12/2023). Acara yang berlangsung selama lima hari ini menampilkan Asantewaa membawakan lagu-lagu lokal tanpa henti.

Advertisement

BACA JUGA: Koki Ini Masak 100 Jam Nonstop demi Pecahkan Rekor Dunia

Ia mencoba memecahkan rekor dunia yang telah bertahan selama lebih dari satu dekade. Pada tahun 2012, penyanyi India Sunil Waghmare bernyanyi tanpa henti selama 105 jam, suatu prestasi luar biasa yang membutuhkan ketahanan, konsentrasi, dan energi yang sangat besar.

Lewat acara “Afua Sing-A-Thon”, Asantewaa pun mengaku telah memecahkan rekor lama dengan waktu lebih dari 20 jam. Kini, ia menunggu konfirmasi dari Guinness Records bahwa usahanya sah. Dia mengatakan kepada wartawan bahwa dia berharap mendapat tanggapan positif dalam beberapa hari mendatang.

Dalam acara menyanyi maraton itu, Afua dilaporkan berhenti di tanda 126 jam 52 menit atas perintah dokter. “Hanya sejauh ini Anda bisa melangkah. Dia telah menyelesaikan 126 jam,” kata Dr. Grace Buckman, dokter yang mendampinginya selama tampil.

“Sebagai tim medis, kesehatannya adalah prioritas utama kami saat ini, dan kami perlu memastikan dia baik-baik saja. Kami ingin dia pergi hingga tengah hari, tetapi sebagai tim medis, kami harus menghentikannya dan melindungi Afua semaksimal mungkin. Kelelahan telah terjadi, dan kami sekarang akan berupaya untuk membuatnya sembuh dan siap untuk bangkit kembali dan berbicara kepada semua orang lagi,” ujarnya.

BACA JUGA: Berawal dari Tak Sengaja, Yossie Justru Terkenal sebagai Penyanyi Langgam Jawa di Jogja

Dr. Buckman mengatakan bahwa Afua terkena dampak kurang tidur akut dan dia mulai menunjukkan tanda-tanda tekanan mental, sehingga mereka memutuskan untuk menghentikan upaya pencatatan tersebut.

Afua bukanlah penyanyi profesional, dan beberapa warga Ghana di media sosial meragukan kemampuannya untuk mencapai prestasi tersebut ketika ia memulai tantangan menyanyi. Namun, dia dilaporkan secara tidak resmi mampu melampaui waktu pemegang rekor dengan tambahan 21 jam.

Guinness World Records menanggapi komentar di Facebook yang menyebutkan Afua telah menyelesaikan upayanya pada Jumat, dengan menggambarkan peristiwa tersebut sebagai peristiwa yang "tampaknya telah menangkap imajinasi publik."

Afua dan timnya kini menunggu konfirmasi dari Guinness bahwa upaya rekornya valid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kelola Judi Online Cuaca77.com, 11 Orang Ditetapkan Tersangka

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement