Advertisement

Kebiasaan Baru Perlu Adaptasi, Ini Jangka Waktunya

Newswire
Minggu, 31 Desember 2023 - 12:47 WIB
Maya Herawati
Kebiasaan Baru Perlu Adaptasi, Ini Jangka Waktunya Psikologi / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Membentuk kebiasaan baru diyakini ada pada jangka waktu 21 hari. Namun  tak semua orang memerlukan waktu hingga 21 hari untuk membentuk kebiasaan baru, demikian menurut sebuah studi yang dipublikasikan tahun ini dalam Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS).

Meskipun secara umum diyakini bahwa dibutuhkan waktu tiga minggu (21 hari) untuk menciptakan sebuah kebiasaan, tetapi jangka waktunya mungkin berbeda karena bergantung pada berbagai faktor.

Advertisement

“Anda mungkin pernah mendengar bahwa dibutuhkan waktu sekitar 21 hari untuk membentuk sebuah kebiasaan, namun perkiraan tersebut tidak didasarkan pada ilmu pengetahuan apa pun,” kata penulis studi Colin Camerer, PhD seperti disiarkan Health, Sabtu (30/12/2023).

Untuk menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan seseorang untuk membentuk suatu kebiasaan, Camerer dan rekannya menggunakan alat pembelajaran mesin dan kumpulan data objektif ribuan orang.

Mereka secara khusus mengumpulkan informasi mengenai lebih dari 30.000 orang yang pergi ke pusat kebugaran dan 3.000 pekerja rumah sakit yang mencuci tangan selama bekerja. Tim peneliti menemukan rata-rata diperlukan waktu hingga enam bulan penuh untuk menetapkan rutinitas olahraga baru.

Namun bagi pekerja rumah sakit yang mencuci tangan saat bertugas, hanya butuh waktu berminggu-minggu untuk menciptakan sebuah kebiasaan. Meskipun demikian, mereka menyimpulkan bahwa tidak ada jangka waktu yang universal untuk membangun kebiasaan.

Menurut peneliti, jangka waktu untuk membangun sebuah kebiasaan bergantung pada individu, jenis kebiasaan yang ingin mereka bentuk, dan lingkungan.

BACA JUGA: Antisipasi Macet di Malam Tahun Baru, 17 Kereta Akan Berhenti Luar Biasa di Stasiun Lempuyangan

“Diperlukan waktu hingga satu bulan untuk membentuk sebuah kebiasaan baru, tetapi hal ini memerlukan keterlibatan yang konsisten dalam perilaku tersebut sepanjang jangka waktu tersebut,” ujar psikolog Ernesto Lira de la Rosa, PhD.

Menurut Rosa, beberapa orang mampu membentuk sebuah kebiasaan dalam waktu kurang dari 1 bulan dan yang lain mungkin memerlukan waktu hingga tiga atau enam bulan untuk membangun sebuah kebiasaan baru.

Faktor yang Berperan

Psikolog di NewYork-Presbyterian/Columbia University Irving Medical Center Nicholas Crimarco, PhD mengatakan ada beberapa faktor yang berperan dalam kemampuan seseorang untuk membangun dan mempertahankan kebiasaan baru. Beberapa faktor kuncinya mencakup seberapa sulit perilaku atau kebiasaan baru tersebut dan seberapa besar manfaat dari kebiasaan tersebut, jelasnya.

Misalnya, untuk suatu kebiasaan lebih menantang, mungkin memerlukan tingkat motivasi dan konsistensi yang lebih tinggi. Apabila kebiasaan baru ini terlalu sulit, orang mungkin akan kesulitan untuk tetap berkomitmen seiring berjalannya waktu.

Selain itu, bila kebiasaan tersebut tidak dikaitkan dengan imbalan, akan sulit bagi seseorang untuk tetap termotivasi atau melakukan kebiasaan tersebut secara konsisten.

Di sisi lain, imbuh Crimarco, faktor lingkungan seperti dukungan sosial mungkin juga memengaruhi kemampuan seseorang untuk melakukan perilaku baru. Jika seseorang tidak memiliki sistem dukungan yang kuat dari teman dan keluarganya, hal ini dapat menghambat proses pembentukan kebiasaannya. Motivasi pribadi juga merupakan faktor penting dalam membangun dan mempertahankan kebiasaan baru. (Antara)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement