Advertisement

Rekor Baru, Anak 6 Tahun Selesaikan Kubus Rubik Kurang dari 6 Detik

Lajeng Padmaratri
Senin, 11 Desember 2023 - 21:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Rekor Baru, Anak 6 Tahun Selesaikan Kubus Rubik Kurang dari 6 Detik Ilustrasi kubus rubik.

Advertisement

Harianjogja.com, SINGAPURA—Gadis cilik berusia 6 tahun menjadi pemegang rekor dunia wanita baru setelah berhasil memecahkan kubus rubik dalam waktu kurang dari 6 detik.

Anak perempuan bernama Cao Qixian itu memecahkan kubus Rubik 3x3x3 dalam 5,97 detik (rata-rata) di World Cube Association Rubik's Cube International Open di Singapura.

Advertisement

BACA JUGA: 3 Tahun Tinggal di Tenda, Bocah Ini Pecahkan Rekor Usai Kumpulkan Donasi Rp13 Miliar

Qixian, yang berasal dari Provinsi Jiangsu, China, rupanya mulai bermain dengan kubus Rubik ketika ia baru berusia tiga tahun. Ia terinspirasi oleh sepupunya yang mengajarinya seni 'speed-cubing', memecahkan teka-teki kombinasi, yang paling terkenal adalah teka-teki 3x3x3 atau kubus Rubik, secepat mungkin.

Setelah sekitar satu tahun, gadis itu menjadi sangat mahir dalam hal itu sehingga sepupunya tidak lagi bisa mengajarinya apa pun. Kemudian, orang tuanya memberinya pelatih speed-cubing.

Dia sangat menikmati penyelesaian kubus Rubik dengan cepat sehingga dia berlatih selama dua hingga tiga jam setiap hari, dan waktunya menjadi lebih baik dan lebih baik lagi. Hingga ada suatu titik di mana dia menemui jalan buntu dan membutuhkan bantuan seluruh keluarganya untuk mengatasinya.

“Dia terhenti pada 12 detik ketika dia mencoba mempercepat hingga 10 detik selama tiga bulan,” kenang Cao Qian, ibu Qixian, dikutip dari Oddity Central. “Saat itu, dia banyak berlatih tetapi tidak membuat kemajuan dan hampir menyerah.”

Untuk dapat memotivasi dan membantunya mengatasi rintangan ini, seluruh keluarga Cao Qixian mengikuti speed-cubing kubus Rubik dan bahkan berpartisipasi dalam kompetisi dewasa. Namun, tidak ada yang berani bermimpi bahwa speed-cuber berbakat ini akan mampu memecahkan rekor dunia baru pada usia enam tahun. Pada Rubik's Cube International Open World Cube Association (WCA) di Singapura, ia menjadi wanita pertama yang memecahkan kubus Rubik 3x3x3 dalam waktu kurang dari 6 detik dalam kategori rata-rata.

BACA JUGA: Kayuh Sepeda 130 Kilometer dengan Lepas Setang, Pesepeda Asal Kanada Pecahkan Rekor Dunia

“Kami tidak pernah mengira dia akan memecahkan rekor dunia secepat ini,” kata Cao Qian. “Selama dua hingga tiga hari sejak kami pulang, rasanya seperti masih dalam mimpi.”

Waktu rata-rata Cao 5,97 detik setelah lima putaran speed-cubing memberinya trofi dan gelar pemegang rekor dunia. Tapi dia tidak punya rencana untuk memperlambatnya. Terinspirasi oleh penampilannya baru-baru ini, gadis berusia 6 tahun ini kini mengejar rekor waktu tunggal putri, yang saat ini berada pada 4,44 detik.

Pada kategori rata-rata, peserta mempunyai lima kali percobaan, dengan penampilan tercepat dan paling lambat diabaikan, dengan median dari tiga percobaan lainnya menjadi hasil resmi. Sementara dalam kategori tunggal, satu percobaan dihitung per pesaing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jusuf Kalla Bakal Temui Megawati sebagai Negarawan

News
| Jum'at, 01 Maret 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement