Advertisement

Inovasi AC Portabel Dipasang di Pinggang Jadi Cara Jepang Lawan Cuaca Panas

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 20 Oktober 2023 - 16:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Inovasi AC Portabel Dipasang di Pinggang Jadi Cara Jepang Lawan Cuaca Panas WearCool, inovasi Jepang berupa AC portabel yang bisa menyejukkan badan pengguna dari cuaca panas. - Japan Today

Advertisement

Harianjogja.com, TOKYO—Musim panas di Jepang telah mencapai fase panas tanpa ampun. Hal ini membuat orang-orang di negara itu memikirkan solusi untuk mengatasi hawa panas.

Salah satu perusahaan Jepang baru-baru ini memiliki inovasi unik untuk melawan cuaca panas. Perusahaan gawai yang berbasis di Tokyo, Gloture, menawarkan perangkat pendingin serupa AC portabel yang bisa digunakan di pinggang, yaitu WearCool.

Advertisement

Melansir Japantoday, WearCool adalah ikat pinggang yang mengirimkan hembusan udara dingin ke tubuh bagian atas pemakainya. Ikat pinggang itu menggunakan casing yang mengandung PCM atau bahan pengubah fasa penyerap panas, dan serangkaian kipas yang aliran udaranya disalurkan ke atas saat meninggalkan ventilasi sabuk.

BACA JUGA: Demi Tangkal Hawa Panas, Produsen Ini Buat Jaket yang Dipasangi Kipas Angin

Perangkat ini cukup ringan, bobotnya hanya sekitar 488 gram. Alat ini mampu menembakkan udara hingga lima meter per detik.

WearCool bisa diatur dengan aplikasi seluler, yang memungkinkan pemakainya mengontrol kecepatan kipas dan beralih antara menggunakan semua kipas, hanya kipas depan atau hanya kipas belakang saja.

Gloture mengklaim masa pakai baterai maksimum 17 jam dengan penggunaan terus-menerus. Jadi Anda bisa menggunakan AC portabel ini selama tidur malam ataupun ingin mengenakannya sepanjang hari.

BACA JUGA: Kota Jogja Masih Paling Sumuk, Suhu Udara Bisa Mencapai 34 Derajat Celcius

Meskipun orang yang memodelkannya bertubuh langsing, ikat pinggang ini fleksibel dengan daya regang tinggi, sehingga dapat mengakomodasi pemakainya dengan lingkar pinggang antara 70 dan 105 sentimeter.

WearCool dapat dibeli melalui toko online Gloture dengan harga 32.500 yen atau Rp3,5 juta. Bukan hanya warga Jepang, masyarakat Indonesia kemungkinan juga tertarik membeli dengan cuaca panas yang menyengat seperti saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Japan Today

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kelola Judi Online Cuaca77.com, 11 Orang Ditetapkan Tersangka

News
| Selasa, 30 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement