Advertisement

Mau Sayuran Awet di Lemari Es? Simak Tips Berikut

Newswire
Rabu, 04 Oktober 2023 - 23:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Mau Sayuran Awet di Lemari Es? Simak Tips Berikut Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAFood preparation atau foodprep kini tengah jadi tren. Dari sekian cara menyiapkan makanan, tampaknya menyimpan sayur masih jadi PR bagi banyak orang. Lalu bagaimana cara yang benar menyimpan sayur di kulkas? 

Chef selebriti Norman Ismail membagikan tips cara menyimpan sayuran segar di dalam lemari pendingin yaitu simpan dalam keadaan utuh, kering dan bungkus dengan tisu dapur. 

Advertisement

"Kalau sayur segar sebaiknya masih dalam keadaan utuh belum di potong dan dalam keadaan kering, cukup bungkus dengan tisu dapur yang tebal, itu akan memperpanjang umur dari sayuran yang disimpan di lemari es," ujar Norman dalam acara Cooking Class bersama Chandra Asri di Jakarta, Rabu (4/10/2023). 

Baca Juga:   4 Tips Aman Menyimpan Sayuran dan Buah di Kulkas

Ia mengatakan sayuran segar sebaiknya jangan di simpan dalam lemari pembeku atau freezer karena akan merusak sayuran, kecuali yang sudah diolah. 

Untuk pekerja atau ibu rumah tangga yang sibuk dan tidak sempat mempersiapkan sayur di pagi hari, Chef Norman mengatakan sayuran bisa dipotong-potong dan direbus semalam sebelumnya. Lalu bisa disimpan dalam wadah plastik thinwall dan simpan dalam lemaro pendingin (chiller) atau lemari pembeku (freezer) untuk digunakan esok harinya. 

"Tips lainnya, tisu dibasahin lalu masukin plastik thinwall, bolongin tutup plastiknya, sayur bisa tahan seminggu," kata Norman.  

Untuk menyimpan daging mentah sama dengan sayur, yaitu dalam keadaan kering dan tidak perlu di cuci. Jika membeli daging di supermarket bisa langsung masukkan ke dalam freezer. 

Namun jika membeli di pasar, keringkan dengan tepuk-tepuk menggunakan tisu dapur, dan masukkan ke dalam plastik dan pastikan tidak ada udara di dalamnya atau di-vaccum.  

"Kalau digunakan dalam dua hari ke depan bisa masukkan ke dalam chiller tapi kalau mau digunakan dalam jangka waktu yang masih lama silakan masukkan freezer," katanya. 

Baca Juga:   Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Agar Tahan Lama & Segar

Untuk penyimpanan dalam freezer terutama daging disarankan stabil pada suhu minus (-) 18 derajat celsius, untuk umur simpan bisa sampai setahun. Jika menggunakan freezer rumah tangga umur simpan makanan bisa bertahan sampai enam bulan selama tidak ada kontaminasi udara. 

Ia mengatakan penggunaan wadah plastik seperti thinwall dalam dunia kuliner sangat berguna dan membantu chef atau koki mengorganisir isi kulkas agar terlihat rapi. 

Selain itu, warna-warna yang biasanya ada pada wadah plastik bisa digunakan untuk membedakan bahan-bahan masakan agar tidak tertukar seperti daging menggunakan warna merah, sayur menggunakan warna hijau, daging unggas warna kuning dan biru untuk daging laut atau boga bahari. 

Baca Juga: Hindari Gunakan Sabun, Air Garam dan Cuka Ampuh Bersihkan Buah dan Sayuran 

Disamping itu, makanan juga lebih awet jika proses penyimpanannya baik dan bisa menyimpan bahan makanan yang berlebih.  

"Lebih mudah mengorganisir di lemari es, lebih bersih, lebih steril, pada saat tertutup rapi tidak ada migrasi, rasa dari bahan makanan lain jadi lebih awet, dengan simpan di plastik bisa buat lebih banyak," kata chef yang juga hobi mengendarai motor gede ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Airlangga Bertemu Sekjen Cormann, Tegaskan Komitmen Percepat Proses Keanggotaan Indonesia.

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement