Advertisement

Pandika Kamajaya Ajak Penonton Rasakan Seni dalam Konser Melangkah

Galih Eko Kurniawan
Rabu, 20 September 2023 - 18:57 WIB
Galih Eko Kurniawan
Pandika Kamajaya Ajak Penonton Rasakan Seni dalam Konser Melangkah Pandika Kamajaya dalam konser tunggal Melangkah di Mangunan, Bantul, Minggu (10/9/2023). - Harian Jogja - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pandika Kamajaya baru saja menggelar konser tunggal yang bertajuk Melangkah di Panggung Sekolah Hutan Pinus Mangunan, Bantul pada 10 September 2023.

Acara yang berdurasi kurang lebih satu jam dan dimulai pada pukul 15.30 WIB itu menyajikan sebuah pertunjukan musik yang baru dan berbeda dari konser musik biasanya.

Advertisement

Mengusung konsep pertunjukan musik yang berlangsung tanpa jeda dari awal hingga akhir acara dan tanpa adanya pembawa acara, konser ini menyajikan enam karya original Pandika Kamajaya yang lima di antaranya belum dirilis.

Berkolaborasi dengan komunitas Nalitari (tari inklusi) di lagu pertama serta Puji Syahropi (tari kontemporer) di lagu terakhir. Lalu pada setiap perpindahan antara karya satu dan selanjutnya diisi oleh narasi yang dibuat dan dibacakan langsung aktor Seteng Sadja.

“Aksi ini diiringi musik berformasikan Double Quintet String, piano dan clarinet yang seluruh pemainnya adalah Perempuan,” ungkap Pandika dalam rilis kepada Harian Jogja, Rabu (20/9/2023).

Suasana senja yang hangat dan tata artistik yang baik menambah hikmat pertunjukan ini yang berhasil membuat beberapa penonton terharu dan dapat mendalami setiap karya baik itu lirik lagu, narasi, tari ataupun musik yang disajikan pada sore itu.

Konser Pandika Kamajaya ini dihadiri lebih dari 500 penonton yang di antaranya KPH Yudanegara, Kepala Disnakertrans DIY Aria Nugrahadi, dan Ketua Koperasi Notowono Purwo Harsono.

Pandika menuturkan acara ini merupakan salah satu langkah mengapresiasi karya-karyanya yang mengusung tema sosial, kemanusiaan, kecintaan pada lingkungan dan perbedaan.

“Tujuannya adalah untuk mengajak semua agar semakin menyadari betapa besar pengaruh lingkungan dan manusia terhadap kehidupan ini serta dapat menjadi wadah yang baik bagi masyarakat luas dan penikmat musik Tanah Air,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

World Water Forum 2024, Presiden WWC: Saatnya Jadi Pendekar Air

News
| Senin, 20 Mei 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement