Advertisement

Mengenal Body Checking Miss Universe

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 10 Agustus 2023 - 14:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mengenal Body Checking Miss Universe Ilustrasi pemilihan Miss Universe. - Twitter/MissUniverse

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pihak penyelenggara Miss Universe Indonesia dilaporkan ke Polda Metro Jaya buntut dugaan kasus pemaksaan finalis yang diminta telanjang saat pengecekan tubuh (body checking). Informasi seputar body checking miss universe kemudian menjadi sorotan banyak orang. 

Lantas seperti apa sebenarnya body checking miss universe itu?

Advertisement

Dilansir dari berbagai sumber body checking atau pemeriksaan tubuh adalah sebuah tindakan untuk memperoleh informasi tentang bentuk tubuh, ukuran, atau berat badan seseorang. 

Pemeriksaan tubuh dapat berkaitan erat dengan gangguan makan atau kondisi kesehatan mental lainnya.

Dalam kasus body checking miss universe ini, kuasa hukum korban yang merupakan finalis Miss Universe Indonesia, Mellisa Anggraini menjelaskan bahwa sudah terjadi sebuah peristiwa dimana tiba-tiba dilakukan 'body checking' terhadap para kontestan di luar agenda resmi.

Baca juga: Harga Beras di Asia Meroket, Tertinggi sejak 15 Tahun Terakhir

Saat itu, para peserta diminta untuk melepas baju yang dikenakan untuk dilakukan foto. Parahnya, peserta harus memperlihatkan tubuhnya di hadapan beberapa orang di ruangan yang tidak privat. "Di sembarang tempat, di tempat tidak privat, bahkan ada lawan jenis,” kata Mellisa.

Mellisa menyebutkan, hal tersebut membuat para kontestan Miss Universe merasa dilecehkan, merasa tidak nyaman dan merasa sakit karena tidak dihargai sebagai perempuan. "Sehingga terkait hal itu kita laporkan dan para korban ini ingin mendapatkan keadilan dari si pelaku,” katanya.

Menanggapi itu Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak siap mengawal proses hukum kasus dugaan pelecehan seksual dalam ajang Miss Universe Indonesia dan memastikan para korban mendapatkan hak perlindungan.

"Saya sudah mengkomunikasikan hal ini dengan Bapak Kapolri dan saya sampaikan agar kasus ini bisa dikawal hingga tuntas," kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga dikutip dari Antara, Kamis (10/8/2023). 

Pihaknya prihatin dan menyayangkan kejadian body checking miss universe yang menimpa para peserta kontes kecantikan tersebut. "Kami tentu saja sangat menyayangkan dugaan kasus pelecehan seksual yang oleh panitia mengatasnamakan proses body checking. Perlakuan yang merendahkan martabat perempuan dan ini sudah melanggar HAM. Padahal para terduga korban ini mengikuti ajang kontes Miss Universe Indonesia untuk aktualisasi diri, kompetisi bakat dan kepribadian untuk nantinya diharapkan bisa menjadi duta bangsa," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hujan Lebat dan Banjir Tewaskan 76 Orang di Kenya

News
| Minggu, 28 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement