Advertisement

Cara Cepat Move On dari Mantan, Sibukkan Diri!

Salma Permata Dewi
Rabu, 02 Agustus 2023 - 08:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cara Cepat Move On dari Mantan, Sibukkan Diri! Pria putus cinta - boldsky.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Melupakan seseorang seperti mantan yang pernah mengukir kenangan di hati kita tentu sulit. Anda perlu melakukan beberapa hal untuk move on.

Melupakan sesuatu memang membutuhkan waktu. Tiap orang memiliki waktunya masing-masing dalam melupakan seseorang atau sesuatu. Dilansir dari The Cut, psikolog di Los Angeles Patrice Le Goy mengatakan bahwa segala sesuatunya akan menjadi lebih mudah seiring berjalannya waktu karena segala sesuatunya bisa sangat menyakitkan. 

Advertisement

Rata-rata perpisahan membutuhkan waktu. Beri diri Anda waktu untuk menjadi normal dan terbiasa dengannya. Sedih itu merupakan emosi yang wajar dalam kondisi tersebut.

Anda bisa pulih secara pelan-pelan. Tidak perlu terburu-buru, lebih baik fokus ke diri sendiri untuk pulih.

Berikut tips move on untuk melupakan seseorang seperti mantan:

1. Biarkan diri bersedih

Bersedih itu tidak menyenangkan, tetapi harus membiarkan emosi sedih tersebut. Anda perlu mempertanyakan alasan yang membuat sedih. Namun, Anda tidak perlu berlarut-larut dalam kesedihan karena dapat menyita waktu.

Baca juga: Anggaran Terbatas, DIY Masih Kekurangan Lampu Jalan


2. Bersandar pada orang lain

Anda bisa menceritakan keluh kesah ke orang terdekat, seperti keluarga. Jika ada saat-saat tertentu Anda terbiasa berbicara dengan orang lain, mulailah lebih banyak berhubungan dengan orang lain. Itu dapat membuat kondisi mental Anda membaik.


3. Menyibukkan diri

Sangat membantu untuk tetap sibuk dan menyusun hari-hari Anda di awal. Goy menyarankan untuk mencoba aktivitas yang tidak perlu membicarakan kehidupan pribadi Anda. Ini bisa membantu Anda pulih dalam kesedihan.


4. Fokus merawat diri

Fokus pada perawatan diri karena kondisi tersebut menyebabkan penurunan emosi. Jadi manjakan diri Anda dengan hal-hal yang menyenangkan. Ini adalah waktu bebas rasa bersalah untuk fokus sepenuhnya pada diri sendiri dan memastikan kebutuhan Anda terpenuhi.8


5. Lakukan introspeksi

Introspeksi diri bukan berarti hanya merefleksikan kesalahan dalam diri, tetapi juga hal-hal yang mengganggu Anda. Penting untuk mengetahui apa yang membuat Anda tidak nyaman dengan hubungan selanjutnya, alasan putus, dan lain-lain. Walaupun masih lama Anda memutuskan untuk menjalin hubungan, ini penting untuk bersiap-siap.


6. Tetapkan batasan

Tetapkan batasan untuk percakapan sehari-hari dengan orang lain. Anda bisa mengalihkan percakapan jika muncul topik yang membuat teringat dengan mantan pacar. Membicarakan dengan orang-orang terdekat untuk tidak membahas mantan Anda juga membantu dalam proses melupakan.


7. Ketahuilah nilai Anda

Mengalami putus cinta tidak ada hubungannya dengan diri yang tidak diinginkan atau tidak pantas. Jangan memikirkan semuanya salah Anda dan berpikirlah Anda berharga. Coba tuliskan 25 hal yang membuat Anda berharga agar bisa memahami nilai yang dimiliki diri sendiri.


8. Hati-hati dengan ‘rebound’

Ada kemungkinan rebound atau balikan datang dalam hidup Anda. Mungkin mantan meminta menjalin hubungan kembali dengan Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menguatkan mental dan berusaha menstabilkan emosi untuk menghadapinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement