Advertisement

5 Tanda Anak Memiliki Kecerdasan Emosional yang Tinggi

Tri Indah Lestari (ST22)
Selasa, 27 Juni 2023 - 21:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
5 Tanda Anak Memiliki Kecerdasan Emosional yang Tinggi Ilustrasi anak-anak - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tingkat EQ (Emotional Quotient) atau kecerdasaan emosional tak kalah penting dengan IQ (Intelligence Quotient) atau kecerdasan intelektual. Tidak sedikit orang tua yang cenderung mementingkan kecerdasan intelektual sejak dini dibandingkan kecerdasan emosional.

Padahal kecerdasan emosional anak bukan sekadar kemampuannya untuk mengendalikan emosi atau mengekspresikan emosi secara baik dan sehat namun juga terkait mengenali, menerjemahkan, dan bereaksi terhadap emosi orang lain dengan cara yang sehat pula.

Advertisement

Terbukti oleh studi yang menunjukkan bahwa anak dengan kecerdasan emosional yang lebih tinggi memiliki tingkat konsentrasi yang lebih baik, berperan aktif di sekolah, memiliki hubungan yang lebih positif, serta lebih berempati.

Daniel Goleman, seorang ahli psikolog menyampaikan terdapat lima komponen penting dalam kecerdasan emosional yaitu kesadaran diri, pengaturan diri, empati, keterampilan sosial, dan motivasi intrinsik.

Baca juga: 5 Spot Kantin Kampus Enak nan Halal di Jogja

Berikut ialah beberapa tanda anak memiliki tingkat kecerdasan emosional yang tinggi:

1. Anak dapat melabeli emosi mereka

Melabeli emosi dalam artian memahami apa itu marah, sedih, takut atau membedakan antara frustasi dan marah, menjadi satu tanda penting dari perkembangan awal kecerdasan emosional.

Misalnya ketika anak mengatakan “Aku sedih tidak bisa bermain dengan teman-teman,” “Aku sangat senang karena mendapatkan sepeda baru,” “Aku takut saat ayah bepergian semalaman,” pernyataan serupa ialah sejumlah contoh dan tanda positif dari kemampuan anak untuk melabel emosi mereka.

2. Anak mengenali emosi pada orang lain

Seorang anak yang cerdas secara emosional dapat dengan mudah dan akurat merasakan atau mengenali perasaan orang lain, misalnya dengan menangkap isyarat nonverbal.

Seperti ketika melihat seseorang tersenyum anak akan berpikir mereka merasa bahagia, menolong temannya yang membutuhkan bantuan atau saat melihat mengetahui orang tuanya sedih mereka mungkin menawarkan sebuah pelukan.

3. Pendengar yang baik

Pendengar yang baik serta rasa simpati merupakan tanda lain dari anak yang cerdas secara emosional. Contohnya anak dikenal sebagai “pemecah masalah” karena sering mendengar dan membantu temannya memperbaiki keadaan atau dipercaya teman mereka untuk menceritakan masalahnya tanpa khawatir akan diadili.

4. Rasa penasaran yang tinggi

Tanda kecerdasan emosional lainnya ialah rasa penasaran yang tinggi menunjukkan anak memiliki pikiran terbuka serta keinginan belajar tentang dunia atau orang lain. Hal ini ditandai saat anak kerap kali bertanya "mengapa" atau tertarik pada cerita tentang orang lain.

Memberikan perhatian khusus terhadap rasa penasaran anak akan membuat mereka memiliki rasa haus akan pengetahuan di masa yang akan datang dan juga menjadi komponen kunci dari EQ.

5. Nyaman mengatakan “Tidak” ke teman seusianya

Anak dengan kecerdasan emosional mampu dan memahami batasan pribadi mereka. Misalnya saat anak tidak menyukai sesuatu atau ingin menolak ajakan bermain, mereka tidak segan untuk menolak secara tegas namun tetap dengan cara yang sopan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puncak Musim Kemarau Diprediksi Juli-Agustus, Soal El Nino Ini Kata BMKG

News
| Sabtu, 27 April 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement