Advertisement

Tips Melindungi dan Merawat Kulit Menghadapi Cuaca Ekstrem

Abdul Hamied Razak
Selasa, 27 Juni 2023 - 08:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Tips Melindungi dan Merawat Kulit Menghadapi Cuaca Ekstrem Praktisi kecantikan dr. Nat (kiri) bersama wirausaha muda Sally Giovanny (tengah) dan pegiat olahraga Feby Febiola (kanan). Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perempuan Indonesia yang hidup di tengah iklim tropis dengan paparan sinar matahari ekstrem perlu melakukan perlindungan dan perawatan kulit yang utuh dan menyeluruh.

"Bagi perempuan yang sering beraktivitas penuh perlu melakukan perawatan dan perlindungan kulit untuk mengurangi dampak buruk akibat paparan sinar matahari ekstrem dan polusi udara," ujar Penggagas klinik kecantikan NMW dr. Nataliani Mawardi melalui rilisnya, Selasa (27/6/2023).

Advertisement

Perempuan yang kerap disapa dr. Nat ini tampil sebagai narasumber Boot Camp Miss Universe Bali dengan tema Spirit Your Beauty Your Choice di Kuta, Bali, bersama tokoh wirausaha Sally Giovanny serta pegiat olahraga, Feby Febiola.

BACA JUGA: Kenali Pentingnya Membersihkan Wajah Sebelum Tidur Malam

"Perempuan Indonesia memang musti siap dan berani tampil cantik dan sehat di segala aktifitas, siap menaklukkan sinar matahari ekstrem,” ungkap dr. Nat yang juga praktisi estetika dengan pengalaman lebih dari 30 tahun itu.

Dia memaparkan perawatan dan perlindungan kulit dimulai sebelum beraktivitas di luar ruang yakni menggunakan pelindung tabir surya atau sunscreen atau bahkan sunblock jika diperlukan.

Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan pelindung tambahan seperti busana berbahan nyaman yang menutupi kulit, topi, atau payung. “Di akhir hari, setelah kembali ke rumah, perawatan paling mendasar adalah mandi dan mencuci wajah,” jelasnya.

Ia menambahkan perawatan mendasar bisa meliputi penggunaan face wash atau sabun khusus wajah, toner, moisturizer atau pelembab dan serum. “Ini merupakan upaya skincare routine yang begitu efektif dan bermanfaat melindungi sekaligus merawat kulit manusia,” ungkapnya.

Dia menjelaskan skincare routine wajib dilakukan setidaknya dengan facial wash, bisa juga gunakan toner untuk mengangkat sel kulit mati agar wajah terlihat cerah dan tidak kusam.

Setelah toner, gunakan serum vitamin C atau lainnya yang berfungsi menghidrasi dan melindungi kulit dari radikal bebas seperti polusi. Kemudian jangan lupa gunakan moisturizer untuk menjaga kulit tetap lembab.

Tidak kalah penting pula, lanjut Nat para perempuan memiliki habit atau kebiasaan menjalani gaya hidup sehat: seperti menjaga hidrasi dengan cukup minum air putih, dan memastikan asupan nutrisi baik seperti buah dan sayur.

BACA JUGA: 5 Tips Memakai Cushion Agar Awet dan Tidak Cakey

Sementara itu, Direktur Miss Universe Bali yang juga wirausaha muda Sally Giovanny menuturkan perempuan dengan beragam aktivitas dituntut pintar menjaga kesehatan tubuh merawat kecantikan, apalagi hidup di negeri tropis dengan sinar matahari sepanjang tahun.

Sally mengatakan melalui kegiatan boot camp yang mengusung tema Spirit Your Beauty Your Choice ini mengajak perempuan Indonesia siap tampil cantik dan sehat di segala aktivitas dengan perawatan dan perlindungan kulit jitu.

“Saya setuju dengan pendapat dr. Nat, perlunya perlindungan dan perawatan kulit nan utuh. Kapan sih kita harus merawat atau menjaganya? Ya mulai dari sekarang, jadi nggak ada waktu terlambat,” kata Sally.

Pegiat olahraga dan seorang cancer survivor, Feby Febiola mengatakan perawatan dan perlindungan kulit is-a-must, apalagi buat mereka yang giat berolahraga. “Saya memilih berolahraga pada pagi atau sore hari agar tidak terpapar sinar matahari ekstrem,” ujar Feby.

Dia menyebut aktif berolahraga dan menjalani beragam aktivitas juga membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Baginya kecantikan dan kesehatan adalah kekuatan utama bagi perempuan. "Bukan hanya kecantikan luar, juga kecantikan dalam seperti hati yang bersih, senang memberi, jiwa welas asih," ungkap Feby.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendagri Sebut Pilkada 2024 Telan Anggaran hingga Rp27 Triliun

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement