Advertisement

3 Kiat Penyintas Kanker Tetap Hidup Sehat dan Senang

Abdul Hamied Razak
Minggu, 04 Juni 2023 - 14:17 WIB
Abdul Hamied Razak
3 Kiat Penyintas Kanker Tetap Hidup Sehat dan Senang Ilustrasi penyintas kanker - Reuters - Jim Bourg

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Perjuangan penderita kanker untuk melawan penyakitnya tidak boleh dipandang sebelah mata. Pasalnya, penderitaan pasien kanker dimulai dari saat didiagnosis hingga menjalani berbagai tahapan perawatan membutuhkan ketangguhan dan keberanian besar.

Direktur Onkologi Apollo Cancer Center, dr. Anil D'Cruz, memberikan beberapa kiat bagi penyintas kanker untuk menerapkan gaya hidup tertentu agar hidup mereka menjadi lebih sehat dan menyenangkan, dilaporkan Hindustan Times, Sabtu (3/6/2023).

Advertisement

1. Menerapkan gaya hidup sehat

Menjalani gaya hidup sehat bisa dilakukan dengan menerapkan diet kaya nutrisi, tetap terhidrasi dengan baik, melakukan aktifitas fisik rutin sesuai dengan kemampuan tubuh, dan sering berkonsultasi dengan dokter.

BACA JUGA: Pemerintah Kembangkan Radioterapi untuk Pemulihan Pasien Kanker

Memprioritaskan perawatan diri
Lakukan aktifitas yang dapat membuat diri menjadi lebih santai sekaligus mengurangi tingkat stres seperti latihan napas dalam, meditasi, yoga, istirahat yang cukup, atau melakukan aktifitas yang berkaitan dengan hobi.

Menyeimbangkan waktu bekerja, berinteraksi dengan keluarga, dan perawatan diri merupakan hal krusial dalam mengurangi tingkat stres dan membuat pikiran menjadi lebih positif. Selain itu perkuat ikatan dengan orang-orang terdekat.

2. Memantau kondisi kesehatan dan berkonsultasi dengan dokter

Mengadakan pertemuan konsultasi rutin dengan dokter merupakan hal penting untuk memantau kondisi kesehatan dan mengatasi gejala pasca perawatan. Konsultasi rutin dengan dokter juga dapat mendeteksi potensi kambuh atau masalah kesehatan lain lebih awal.

BACA JUGA: 10 Jenis Kanker Ini Dipicu oleh Obesitas

Mempelajari lebih dalam mengenai kanker
Pelajari lebih dalam mengenai jenis kanker yang pernah dialami, potensi efek samping dari pengobatan jangka panjang, dan rekomendasi modifikasi gaya hidup. Pengetahuan tersebut akan membuat penyintas bisa membuat keputusan sendiri terkait kesehatan dan menjaga kondisi tubuh tetap optimal.

3. Menghindari risiko kanker

Prioritaskan pencegahan risiko kanker baru dengan mengikuti rekomendasi pemeriksaan agar bisa mendeteksi potensi kanker lebih awal serta lakukan pemeriksaan untuk tipe kanker lain sesuai dengan umur dan faktor risiko. Hindari merokok dan terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama untuk mencegah munculnya kanker baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sempat Ditangkap, Jambret di Jaksel Kabur Pakai Mobil Patroli Polisi

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement