Advertisement

Wajah Sering Berjerawat? Ini 4 Penyebabnya...

Media Digital
Senin, 15 Mei 2023 - 20:57 WIB
Arief Junianto
Wajah Sering Berjerawat? Ini 4 Penyebabnya... Ilustrasi perawatan wajah. - Istimewa

Advertisement

JOGJA—Jerawat terbentuk karena kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Wajah yang dipenuhi jerawat tentu bisa memengaruhi rasa percaya diri.

Advertisement

Tak melulu masalah hormon, ternyata jerawat pun bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut:

1. Tingkat Stres yang Tinggi

Ketika stres, tubuh mengeluarkan CRH yang memicu pelepasan sitokin inflamasi dan meningkatkan produksi minyak. Inilah yang  akan menutup pori-pori wajah dan menyebabkan jerawat.

2. Produk Wajah  Kurang Cocok

Produk wajah atau skincare juga bisa jadi penyebab jerawat. Hindari memakai riasan wajah berbahan dasar minyak yang dapat menutup pori-pori wajah. Pastikan kamu memakai produk nonkomedogenik yang tidak akan menyumbat pori-pori.

3. Makanan Tinggi Glikemik

Makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti keripik, kentang goreng, dan minuman manis. mengandung karbohidrat yang cepat dicerna tubuh. Makanan ini menyebabkan kadar gula darah naik dan produksi insulin meningkat.

4. Kontak Wajah dengan Bakteri

Menempelkan wajah ke atas sarung bantal kotor bisa bikin bakteri pindah ke wajah. Tentunya, bakteri ini dapat membuat pori-pori tersumbat dan meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Jadi, pastikan kamu rutin membersihkan perlengkapan tidur.

Gunakan juga bahan blanket, sprei, dan sarung bantal dengan bahan yang mudah dibersihkan. Tenang, kamu bisa membeli berbagai perlengkapan tidur terbaik hanya di toko resmi online INFORMA melalui ruparupa.

Situs belanja online satu ini juga menjual berbagai perabot dan dekorasi rumah tangga, seperti gorden, rak gantung, dan bantal sofa. Yuk, belanja sekarang dan dapatkan penawaran menarik lainnya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement