Advertisement

Selain Glowing, Ini 5 Ciri Lain Wajah Memiliki Kulit Sehat

Tri Indah Lestari (ST22)
Jum'at, 12 Mei 2023 - 15:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Selain Glowing, Ini 5 Ciri Lain Wajah Memiliki Kulit Sehat Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kulit glowing menjadi idaman semua wanita bahkan pria. Bagaimana tidak? Tanpa polesan make up, kulit glowing akan membuat wajah terasa sempurna dan terasa memiliki kulit sehat. Di saat bersamaan kepercayaan diri pun ikut meningkat.

Tapi apakah kulit sehat hanya ditandai dengan kulit glowing atau kulit bersinar saja? Tentu tidak.

Advertisement

Inilah 5 ciri lain yang menandakan kulit sehat di wajahmu:

1. Bercahaya dan cerah

Tak sekadar bersinar atau glowing, kulit yang sehat akan tampak bercahaya dan cerah tanpa pulasan make up. Hal ini pertanda kulit memiliki kelembapan alami membuat kulit terhidrasi sehingga berkilau secara alami

2. Warna kulit merata

Tanda lain ialah warna kulit wajah merata dengan warna kulit di seluruh tubuh. Tidak ada bintik-bintik gelap maupun flek hitam bekas jerawat atau sisa hiperpigmentasi pada kulit. Bukti bahwa wajahmu memiliki kulit sehat.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Fakta dan Mitos Seputar Gangguan Mental

3. Lembut dan halus

Tanda lain ialah kulit terasa lembut dan halus tanpa ada tekstur di kulit. Jika dilihat dari dekat dan permukaan kulit tampak tidak teratur atau masih ada pori-pori yang terbuka jerawat, bekas luka, benjolan, hingga terdapat tanda penuaan dini seperti keriput atau garis-garis halus, menandakan kulitmu masih belum sehat sempurna.

Kulit sehat akan bebas dari jerawat atau tekstur sejenisnya sebab jerawat sendiri bersumber dari pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, dan kotoran.

4. Kenyal

Kulit yang terhidrasi dengan baik akan membuat kulit kenyal dan tampak berisi. Dengan kata lain kulit mampu menjaga kelembapannya, cara mudah untuk mengetahuinya ialah kulit akan memantul kembali saat kamu menekan dan melepaskannya.

5. Terasa natural tanpa ada sensasi ditarik atau kering.

Pernah merasa kulit seperti ditarik selesai mencuci wajah? Menandakan bahan dari sabun cuci muka membuat wajah jadi kering dan dapat menyebabkan kulit pecah-pecah. Sensasi ditarik in juga menandakan kulit kering atau kurang terhidrasi. Apalagi bila diikuti kemerahan, sensasi terbakar, atau gatal pertanda yang cukup jelas bahwa kulit tidak sehat.

Untuk mendapat titel kulit sehat tersebut maka hindari merokok, mandi terlalu lama terutama saat menggunakan air hangat, gunakan sunscreen tiap waktu, pilihlah produk perawatan wajah dengan bahan yang lembut, gunakan pelembap jika kulit kering, jaga pola makan yang sehat, dan tak lupa kelola stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement