Advertisement

Pakai Sleeping Mask Setiap Hari, Amankah untuk Kulit?

Tri Indah Lestari (St22)
Jum'at, 12 Mei 2023 - 17:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pakai Sleeping Mask Setiap Hari, Amankah untuk Kulit? Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Menggunakan skincare di malam hari dapat membuat kulit terhidrasi secara sempurna. Proses regenerasi kulit pada malam hari akan lebih cepat jika dikombinasikan dengan menggunakan sleeping mask

Sleeping mask atau overnight mask adalah masker yang dirancang untuk digunakan ke wajah sebelum tidur dan dipakai sepanjang malam. Manfaat utamanya ialah menghidrasi kulit sekaligus membantu proses perbaikan alami pada kulit. Hasilnya kulit akan terasa lebih segar dan bercahaya saat pagi hari.

Melansir dari Healthline, berikut sejumlah manfaat lain dari menggunakan sleeping mask:

Advertisement

- Studi menunjukkan bahwa sel mereplikasi dan mereproduksi dalam semalam dengan menggunakan sleeping mask akan membantu sel-sel ini melakukannya secara efektif.

- Beberapa sleeping mask mengandung bahan yang mampu mengunci kelembapan sekaligus mencegah kotoran maupun polutan masuk ke dalam pori-pori.

- Kandungan mineral, vitamin, dan bahan serupa lainnya tak jarang ditemukan di sleeping mask yang manfaatnya dapat menenangkan kulit.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Fakta dan Mitos Seputar Gangguan Mental

Akan tetapi manfaat tersebut akan menjadi bumerang jika terlalu sering atau menggunakan sleeping mask setiap hari sebab nantinya kulit akan memproduksi lebih banyak minyak, menyerap kelembapan alami kulit wajah, dan lebih rentan berjerawat.

Oleh karena itu, selain memastikan sleeping mask sesuai dengan jenis kulit, cuaca, dan lingkungan tempat tinggal perhatikan pula cara penggunaan yang biasa tertulis di wadah masker.

Umumnya jika kulit berminyak cukup menggunakan sleeping mask sebanyak satu hingga dua kali seminggu. Sedangkan tipe kulit kering yang butuh banyak kelembapan dapat menggunakan sleeping mask sebanyak 2-3 kali seminggu.

Hindari memilih sleeping mask dengan bahan yang terlalu kental bagi kamu dengan tipe kulit berminyak karena berpotensi menyebabkan kelembapan berlebih pada kulit sehingga kulit wajah pun jadi lebih mudah berjerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement